Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cecep A Rahman Bangga Pencak Silat Berkembang di Layar Lebar

Kompas.com - 30/09/2015, 13:53 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com --
Artis peran dan seniman pencak silat, Cecep Arif Rahman merasa bangga dengan ilmu bela diri yang digelutinya. Sebab, semenjak film Merantau dirilis pada 2009 lalu, hingga kini pencak silat semakin sering diangkat ke layar lebar oleh sutradara lokal.

"Tentu saja saya bangga sekali. Ini jadi seperti kung fu yang menjadi dikenal luas dan terangkat karena Bruce Lee. Sama kasusnya dengan silat. Mungkin dulu orang hanya melihat silat ditampilkan di panggung dengan diiringi musik bukan melihat silat sebagai sesuatu yang bisa ditampilkan lebih dari itu. Sekarang, dengan film, kami coba buka dan angkat itu semua," kata Cecep ketika berbincang dengan Kompas.com usai jumpa pers film 3 yang dibintanginya, di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (28/9/2015).

Menurut dia, gerakan silat memiliki nilai seni yang menarik untuk divisualisasikan ke dalam sebuah adegan laga.

"Gerakan silat kan gerakan yang simbolis, mengandung seni. Simbolis itu bisa dikreasikan dalam berbagai macam kreasi, bisa keras bisa lembut. Makanya, melalui film semua bisa diangkat, contohnya lewat film 3 ini," kata Cecep.

Melalui media film, Cecep merasa yakin silat akan lebih berkembang. "Jadi, kami termotivasi untuk mengembangkan silat lebih baik lagi terus mengenalkan silat lebih lagi. Yang penting bisa menginspirasi anak-anak generasi muda untuk belajar silat juga," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com