Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kafin "DARR 2" Lebih Bebas dengan Jazz

Kompas.com - 01/10/2015, 21:34 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Seorang anak didik komposer Erwin Gutawa dalam program Di Atas Rata Rata generasi kedua (DARR 2), Kafin (11), mengaku bahwa musik jazz dapat membuatnya lebih bebas berekspresi. Terutama untuk berakrobat vokal atau sketch.

"Asyikan jazz, karena di genre jazz saya bisa sketching (berimprovisasi meniru bunyi-bunyian alat musik dengan mulut). Saya bebas improve di genre ini," kata Kafin saat berkunjung ke redaksi Kompas.com di gedung Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (1/10/2015).

Kendati masih belia, Kafin punya selera musik yang cukup berat. Ia bahkan mengidolakan musisi-musisi jazz kenamaan era 1970-an, yakni vokalis legendaris asal AS, Al Jarreau yang terkenal dengan akrobat vokalnya dan musisi jazz George Benson.

"Guru piano saya yang ngenalin (dengan musik jazz). Saya sempat pindah les. Dari situ dikenalin jazz. Makanya karena itu vokal saya juga jadi beralih ke genre jazz. Tadinya pop," tuturnya.

Kafin yang dalam album DARR 2 menyanyikan lagu "Tangga Nada", mengaku setia dengan musik jazz. "Saya sih udah mencoba genre lain. Tapi turunan jazz juga kayak fusion, blues," ucap Kafin yang meski usianya 11 tahun namun sudah duduk di bangku SMA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com