Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bermasker Saat Aksi Peduli Asap, Melanie Subono dan Momo Geisha Tak Dikenali

Kompas.com - 10/10/2015, 02:31 WIB
Jessi Carina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah figur publik, seperti Melanie Subono dan Narova Morina Sinaga atau Momo Geisha, turun ke jalan, Jumat (9/10/2015). Mereka membagikan selembaran kertas berpesan kepada pengemudi mobil yang sedang berhenti di Bundaran Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat.

Pesan dalam kertas tersebut berisi seruan kepedulian kepada korban kabut asap akibat kebakaran hutan di beberapa wilayah Indonesia. Pantauan Kompas.com, Melanie Subono mengenakan masker yang merupakan bagian dari aksi mereka sore itu. Ini membuat wajahnya tampak tidak dikenali.

Ketika lampu lalu lintas menunjukan warna merah, Melanie langsung berlari menghampiri mobil-mobil. Pengemudi mobil tersebut umumnya membuka jendela dan menerima kertas yang diterima Melanie. Namun, beberapa mobil, tidak membuka jendelanya ketika diketuk Melanie. Mereka berlalu begitu saja dan meninggalkan Melanie.

Begitu pun dengan Momo dan personel Geisha lainnya. Mereka membagi-bagikan kertas tersebut kepada pengemudi mobil yang sedang berhenti karena lampu merah. Momo yang ikut dalam aksi dengan riasan wajah lengkap, tampak lebih menarik perhatian pengemudi mobil. Akan tetapi, tetap saja mereka terlihat kebingungan ketika menerima kertas dari Momo.

Mengenai aksi ini, Melanie Subono mengatakan bahwa ini dilakukan memang untuk menyadarkan masyarakat akan kebakaran hutan yang terjadi di Riau dan beberapa wilayah di Kalimantan. Melanie berpendapat, kejadian kabut asap ini bukanlah bencana alam.

"Ini bukan bencana ekologis, ini jelas buatan manusia. Sebenarnya pemerintah sudah tahu kok siapa dalangnya. Cuma apakah mereka berani tangkap?" ujar Melanie.

Sementara Momo, mengaku peduli karena memiliki hubungan emosional yang dekat dengan daerah berkabut asap. Momo mengaku memiliki pengalaman pribadi tentang kabut asap yang timbul akibat kebakaran hutan.

Sejak kecil, Momo dan juga anggota Geisha yang lain sudah menetap di Pekanbaru, Riau. Daerah tersebut menjadi wilayah yang terdampak kebakaran hutan.

"Kita di sini posisinya bukan hanya untuk menyuarakan tapi kita ini juga mantan korban loh. Karena kita asalnya dari Pekanbaru, Riau, dari SD kita sudah ngerasain yang namanya asap. Kita sekolah, belajarnya pakai masker," ujar Momo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com