Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossa Kecewa Pemerintah Belum Bisa Tanggulangi Bencana Asap

Kompas.com - 22/10/2015, 14:42 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis Rossa (37) merasa kecewa dan kesal. Menurut dia, pemerintah tak menanggulangi bencana asap di Sumatera dan Kalimantan secara serius.

"Ini saya kesel nih. Saya sebetulnya cukup kecewa penanggulan bencana dari pemerintah. Ini sudah keterlaluan. Udara bersih mereka tinggal lima persen. Mereka sekarat loh," kata Rossa dalam temu media di Resto Merah Delima, Jakarta Selatan, Kamis (22/10/2015) siang.

Rasa kecewa dan kesal Rossa dipicu oleh dampak buruk asap yang dirasakan langsung oleh masyarakat di sana, khususnya anak-anak, yang meninggal karena menderita infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Rossa mempertanyakan peran pemerintah dalam menyelesaikan bencana asap ini. Baik itu pemerintah daerah maupun pusat. Ibu satu anak itu menilai upaya memadamkan kebakaran hutan dengan menurunkan hujan buatan tak efektif, apalagi asap sudah menyebar ke negara tetangga, yakni Malaysia, Singapura, dan Thailand.

"Apa enggak malu? Di mana perikemanusiaannya? Seingat saya, pemerintahan sebelumnya, kalau ada bencana presidennya turun dan beberapa hari kemudian bisa ditanggulangi. Asap hilang. Jadi ini salah pemerintahannya lah," kata Rossa.

"Ini adalah kekecewaan terhadap penanggulan pemerintah. Saya sendiri ingin banget bantu tapi enggak tahu gimana. Karena itu udah di luar kemampuan kami sebagai rakyat," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com