Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Negeri Van Oranje", Kisah Persahabatan dan Cinta

Kompas.com - 23/10/2015, 23:26 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
-- Membuat sebuah film adaptasi novel bukanlah sesuatu yang mudah, apalagi untuk kisah yang diceritakan dalam buku setebal 557 halaman seperti yang dilakukan oleh sutradara Endri Pelita pada novel Negeri Van Oranje karya Raden Wahyuningrat, Rizki Pandu Permana, Adept Widiarsa, dan Annisa Rijadi.

Dalam kunjungannya ke redaksi Kompas.com di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (23/10/2015), tim produksi film Negeri Van Oranje menjelaskan bahwa penyesuaian jalan cerita film adaptasi initerfokus pada kisah persahabatan dan cinta untuk mempertahankan benang merah novel yang dirilis 2009 lalu.

"Dua tema itu sih yang ingin ditonjolkan karena novelnya juga mempertanyakan arti persahabatan dan juga cinta. Selain itu, ya pendalaman akan karakternya yang ditonjolkan," tutur artis peran Arifin Putra yang berperan sebagai Banjar dalam Negeri Van Oranje.

"Enggak semua cerita di novelnya bisa di-cover, kalau semuanya nanti filmnya bisa 50 jam," imbuhnya dalam nada canda.

Sementara menurut Endri yang menukangi film tersebut, kekuatan lima karakter utama novel tersebut menjadi sesuatu yang juga ingin ditonjolkan dalam film ini.

"Kalau dari novelnya kan kisahnya banyak dan lengkap banget sampai menerangkan gimana sih kuliah di Belanda dan itu kan juga pengalaman pribadi para penulis. Untuk film ini, ceritanya butuh untuk difokuskan ke tema besar. Kami fokus ke karakternya untuk membangun cerita," kata Endri dalam kesempatan yang sama.

Sebagai informasi, film Negeri Van Oranje mengambil lokasi shooting di sembilan kota di negara Belanda dan satu kota di Republik Ceko. Selain Arifin Putra yang berperan sebagai Banjar, empat artis peran lain juga turut bermain dalam film tersebut. Mereka adalah Chicco Jerikho yang berperan sebagai Geri, Abimana Aryasayta sebagai Wicak, Tatjana Saphira sebagai Lintang, serta Ge Pamungkas yang memainkan karakter Daus. Film produksi Falcon Pictures ini rencananya akan tayang di bioskop pada 23 Desember 2015 mendatang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com