Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Bridge of Spies", Kisah Pengacara dalam Perang Dingin

Kompas.com - 25/10/2015, 12:21 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com --
"Setiap orang berhak mendapatkan pembelaan…setiap orang berharga". Begitulah kalimat yang sering diucapkan oleh James Donovan, seorang pengacara yang diperankan oleh Tom Hanks dalam film Bridge of Spies yang disutradaraiSteven Spielberg.

Dalam sepenggal kalimat tersebut tersirat sebuah pesan kemanusiaan yang ingin diperjuangkan oleh James Donovan. Hal itu pula yang ingin ditonjolkan oleh Spielberg dalam film yang terinspirasi dari kisah nyata ini.

Bridge of Spies yang berdurasi sekitar 144 menit ini berlatar era 1957, di mana perang dingin antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet sedang berlangsung. Kedua negara saling mengirimkan mata-mata mereka satu sama lain.

Seorang mata-mata Rusia, Rudolph Abel (Mark Rylance) ditangkap oleh FBI dan harus menjalani proses persidangan. Tak disangka, seorang pengacara biasa bernama James Donovan (Tom Hanks) ditunjuk untuk menjadi pengacaranya dengan tujuan agar Uni Soviet bisa melihat bahwa proses persidangan berjalan dengan adil.

Meski begitu, setelah pertemuan dengan Abel, James tergerak untuk mengambil langkah serius untuk membela Abel yang adalah musuh negara. Hal itu membuat James harus menerima kenyataan bahwa banyak orang, termasuk keluarganya sendiri, tidak senang dengan keputusannya untuk membela secara serius seseorang yang membahayakan negaranya.

Ia kalah dalam persidangan, Abel tetap didakwa melakukan tindakan spionase. Meski begitu, atas usaha James, Abel dihukum 30 tahun penjara. Ia berhasil membujuk hakim untuk tidak memberinya hukuman mati dengan alasan bahwa suatu saat Abel mungkin akan berguna bila ada mata-mata Amerika Serikat yang ditangkap pihak Uni Soviet.

Sebagai sebuah film yang terinspirasi dari kisah nyata, Bridge of Spies mampu menginterpretasikan kisah yang rumit dalam satu bentuk film yang mudah dipahami. Tak perlu diragukan lagi keahlian seorang Spielberg dalam mengolah cerita menjadi sesuatu yang memiliki makna. Tom Hanks pun mampu menunjukkan kualitasnya sebagai seorang artis peran mumpuni dan berpengalaman.

Tak ketinggalan, Spielberg juga mampu menghadirkan sedikit humor dalam karakter seorang James yang tengah menghadapi situasi pelik. Bridge of Spies bisa dikatakan sebuah film drama thrilleryang inspiratif.

Produser: Steven Spielberg, Marc Platt, Kristie Macosko Krieger
Sutradara: Steven Spielberg
Penulis cerita: Matt Charman, Ethan Coen, Joel Coen
Pemain: Tom Hanks, Mark Rylance, Austin Stowell, Will Rogers, Amy Ryan, Alan Alda, Sebastian Koch, Scott Shepherd
Produksi: Touchstone Pictures, Fox 2000 Pictures, DreamWorks Picture, TSG Enterteinment
Distributor: 20th Century Fox

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com