Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendiang Pak Raden Punya Boneka Kesayangan

Kompas.com - 31/10/2015, 13:44 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Abdul Hamid atau yang dikenal sebagai Pak Ogah, salah satu karakter Si Unyil, mengatakan bahwa mendiang Suyadi alias Pak Raden memiliki boneka kesayangan.

"Pak Raden punya boneka kesayangan, yang paling disayang sama dia karena itu boneka pertama yang dia buat," tutur Abdul kepada Kompas.com seusai melayat di kediaman Pak Raden, Jalan Petamburan III RT 03/RW 04, Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (31/10/2015).

"Boneka itu engkongnya Meilani (karakter boneka teman Si Unyil)," tambahnya.

Ia tak mengetahui pasti kapan boneka pertama itu dibuat oleh Suyadi. Namun, ketika penayangan Si Unyil pada 1981, Suyadi pernah bercerita kepadanya tentang boneka kesayangannya itu.

"Saya enggak tahu kapan itu dibuatnya ya. Tapi, waktu Si Unyil tayang pertama, kami ngobrol-ngobrol. Beliau bilang ke saya kalau boneka itu adalah boneka pertama yang dia bikin," tuturnya.

Abdul berharap boneka itu dijaga baik-baik karena menjadi salah satu peninggalan bersejarah dari sang maestro dongeng Indonesia.

"Saya enggak tahu sekarang di mana. Mungkin disimpan keluarga. Saya cuma pesan itu disimpan baik-baik karena boneka yang paling disayang Pak Yadi (Suyadi)," ucapnya.

Sederet boneka karakter-karakter dalam Si Unyil terlihat disimpan di dalam lemari kaca ruang depan kediaman di tempat mendiang Suyadi sejak 10 tahun lalu. Namun, menurut sang cucu, Ilona, boneka itu bukanlah yang asli.

"Banyak yang replika kayaknya di situ," kata Ilona. "Semua bonekanya, kesayangan beliau," kata kakak almarhum Suyadi, Kartini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com