Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajang C Noer: Pak Raden Pahlawan Budaya

Kompas.com - 31/10/2015, 15:20 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran senior Jajang C Noer turut mengantarkan jenazah tokoh kenamaan serial Si Unyil, drs Suyadi alias Pak Raden untuk dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Sabtu (31/10/2015). Jajang menilai bahwa Pak Raden merupakan pahlawan budaya di Indonesia.

"Beliau ini pahlawan budaya karena karya-karyanya bisa mengubah hidup orang banyak," kata Jajang dalam wawancara usai pemakaman.

Lewat karya-karyanya, terutama cerita berseri Si Unyil, Pak Raden juga dinilai telah mendidik anak bangsa.

"Beliau itu mendidik bangsa ini. Lihat saja dalam Si Unyil. Ceritanya dan tokoh-tokohnya itu begitu menjiwai anak-anak. Menghibur sekaligus banyak pesan positifnya," ujar Jajang.

Meski begitu, Jajang menyayangkan kurangnya perhatian pemerintah kepada Pak Raden yang hidup dalam kesulitan ekonomi di masa tua.

"Sayang sekali beliau kurang diperhatikan oleh pemerintah. Pemerintah seringkali telat memerhatikan sosok-sosok yang begitu berjasa. Tapi, meski begitu, Pak Raden tetap semangat dan terus mendidik lewat karya-karyanya," tutur Jajang.

"Sampai saat ini belum ada yang mampu menggantikannya," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com