Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komedian Ade Juwita "Lenong Rumpi" Tutup Usia

Kompas.com - 06/11/2015, 12:47 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Lama tak terdengar kabarnya, komedian Ade Juwita (45) dikabarkan meninggal dunia di kampung halamannya, Sorong, Papua. Kabar itu pun dibenarkan oleh rekan seprofesi Ade, Debby Sahertian (52).

"Iya, benar tadi dikabarin sama (rekan sesama komedian) Harry de Fretes kalau Ade meninggal di RSUD Sorong, Papua," tuturnya, Jumat (6/11/2015).

Debby mengatakan, komedian Lenong Rumpi itu meninggal karena penyakit asam lambung akut yang menggerogoti kesehatannya beberapa bulan belakangan.

"Sudah beberapa bulan enggak ada kabar sih. Tetapi, satu minggu lalu, sama Harry dikabarin kalau Ade masuk rumah sakit lagi karena penyakit asam lambung," ucapnya.

Debby sendiri mengaku sudah lama tak mendengar kabar dari Ade. Pasalnya, selama ini, Ade tak lagi menetap di Jakarta. Ade hanya ke Jakarta jika ada keperluan shooting saja.

"Jadi, selama ini, Ade sudah lima tahun belakangan bolak-balik Jakarta-Sorong. Kalau enggak ada shooting, dia di Sorong. Gitu aja terus. Jadi, jarang ketemu. Tetapi, komunikasi jalan terus," ujarnya.

Ade Juwita meninggal di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Sorong, Papua, pada Jumat pukul 07.40 WIT. Ia dikenal sebagai komedian yang menghiasi layar kaca melalui program komedi Lenong Rumpi yang ditayangkan di stasiun televisi RCTI pada era 1990-an.

Dalam Lenong Rumpi, Ade kerap tampil dengan peran kebanci-bancian yang jenaka saat beradu akting bersama Debby Sahertian, Harry de Fretes, dan Robby Tumewu.

Selamat jalan Ade Juwita, lawakanmu akan selalu dikenang...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com