Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Pemain Drum Motorhead Tutup Usia

Kompas.com - 13/11/2015, 15:40 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis


LONDON, KOMPAS.com --
Mantan pemain drum grup band Motorhead, Phil Taylor atau lebih dikenal dengan sebutan Philty Animal, meninggal dunia pada Rabu (11/11/2015) dalam usia 61.

Kabar ini dikonfirmasi oleh mantan pemain gitar Motorhead, Eddi Clarke, yang pernah bermain bersama Taylor dalam band asal Inggris itu melalui akun Facebook resminya, Kamis (12/11/2015).

"Dia telah lama mengalami sakit tetapi hal itu tidak membuat lebih mudah ketika waktunya akhirnya datang. Saya telah mengenal Phil sejak dia berusia 21 tahun dan dia adalah orang dengan karakter yang luar biasa," tulis Clarke.

"Beruntung kami pernah membuat musik yang fantastis bersama-sama dan saya memiliki banyak kenangan dengannya," lanjutnya.

Taylor menjadi pemain drum Motorhead selama 14 tahun bersama Clarke dan juga pemain bas Lemmy Killmister. Ia bergabung dengan Motorhead pada 1975 hingga 1984.

Setelah keluar dari band selama tiga tahun, ia kembali bergabung pada 1987 hingga 1992 sebelum digantikan oleh Mikkey Dee.

Permainan drum Taylor menjadi bagian tak tergantikan dalam formasi Motorhead karena ia berperan besar pada dua lagu hits Motorhead, yaitu "Overkill" dan "Ace of Spades".

Motorhead juga menggungkapkan rasa duka mereka atas meninggalnya Taylor melalui akun Facebook resmi band.

"Lil’Philty…dia yang menginspirasi gaya rambut banyak anak muda punk/metal…dia yang bermain drum dengan ganas dan intens…kawan, Roman, Derbishireman…istirahatlah dengan tenang…dengan banyak cinta," tulis Motorhead.

Meninggalnya Taylor juga mengundang beberapa musisi kenamaan dunia dalam mengucapkan rasa simpati mereka. Pemain gitar Slash mengungkapkan rasa dukanya melalui akun Twitter resminya.

"Berita yang sungguh menyedihkan tentang kehilangan seorang Phil 'Philty Animal' Taylor. Salah satu drummer terbaik rock & roll. RIP Phil, kau akan dirindukan. Sangat dirindukan," tulis Slash.

Vokalis grup band legendaris Black Sabbath, Ozzy Osbourne, juga mengungkapkan hal yang sama.

"Dia adalah seorang teman yang hebat -–pemain drum yang hebat–- orang hebat dan dia akan sangat dirindukan. Hati ini adalah hari yang sangat sedih buatku. Istirahatlah dalam damai – dan dia masih berhutang 500 dollar ketika kami waktu itu di Vegas," tulis Osbourne.

Gaya permainan double-bass drum dalam lagu "Overkill" sangatlah penting dalam sejarah perkembangan musik metal karena telah memengaruhi genre thrash metal yang melahirkan beberapa band kenamaan antara lain Metallica, Slayer, Megadeth, dan Anthrax.

Dalam sebuah wawancara dengan The Guardian, pemain drum Metallica Lars Ulrich menyebut bahwa ia sangat terpengaruh dengan permainan dan tata suara drum Taylor.

"Ketika saya mendengar ‘Overkill’ pada 1979, saya merasa hal itu membuat saya terpukau," kata Lars.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com