Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obat Nyamuk Bakar Ketuk Hati Mulan Jameela

Kompas.com - 16/11/2015, 19:49 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Belasan musisi menggelar konser amal bertajuk "Melawan Asap" sebagai bentuk kepedulian terhadap bencana kabut asap di Sumatera dan Kalimantan. Sebagai penggagas acara itu, vokalis Mulan Jameela (36), mengaku ide awalnya datang dari obat nyamuk bakar.

"Waktu kemarau panjang banyak nyamuk di rumah. Enggak mempan obat semprot, jadi pakai obat nyamuk bakar. Itu kan berasap. Aku jadi kliyengan dan sampai muntah kena asapnya," kata Mulan dalam konferensi pers konser "Melawan Asap", di Hard Rock Cafe, Jakarta Selatan, Senin (16/11/2015) sore.

"Nah, aku akhirnya sadar. Baru asap obat nyamuk bakar udah bikin sesak napas, baru sehari baru beberapa jam aja udah enggak kuat. Jadi ingat korban bencana asap," tambahnya.

Kata Mulan, ia miris dan prihatin melihat banyak anak-anak yang menjadi korban bencana asap itu. Dari yang menderita infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) hingga meninggal dunia.

"Terus aku lihat di televisi korban asap ini mayoritas anak kecil. Kan aku punya anak kecil. Kenapa baru sekarang? Enggak apa-apa telat, daripada tidak sama sekali," tuturnya.

Dari situlah akhirnya istri artis musik Ahmad Dhani tersebut terketuk hatinya dan mengajak kawan-kawan seprofesinya, antara lain Rinni Wulandari, Delon, Iwa K, Petra Sihombing, grup band Govinda, penyanyi dangdut Melinda, dan dan masih banyak lagi, untuk ikut terlibat dalam konser amal itu.

"Ada lelang lagu di sini. Tiap artis nyanyi satu atau dua lagu, nanti ada yang lelang, mau beli lagunya berapa. Terus penonton yang datang donasi Rp 150.000," kata Mulan.

Seluruh hasil donasi yang terkumpul dari konser ini akan diberikan kepada sebuah lembaga kemanusiaan yang mengkhususkan diri penanganan bencana alam, yakni Aksi Cepat Tangggap (ACT).

Para relawan dari ACT lah yang akan menyalurkan langsung kepada korban bencana kabut asap di Sumatera dan Kalimantan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com