Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iwan Fals: Lo Ganggu Indonesia, Gue Lawan Lo!

Kompas.com - 20/11/2015, 11:32 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com -- Vokalis dan pencipta lagu Iwan Fals (54) menyatakan tidak akan tinggal diam jika ada pihak-pihak yang mengganggu Indonesia.

Kecintaannya kepada bangsa dan negaranya itu juga dituangkannya ke dalam salah satu lagu barunya.

"Syair saya, tentang Indonesia. Lagu baru saya tentang kecintaan saya dengan Indonesia. Lo ganggu Indonesia, gue lawan lo! Itu tafsir saya tentang Indonesia," kata Iwan dalam wawancara khusus oleh Kompas.com di Jakarta pada 12 November 2015.

Lagu baru itu akan dibawakan oleh Iwan dalam konser besarnya, Untukmu Indonesia, pada Sabtu (21/11/2015) sore hingga malam di Istora Senayan, Jakarta.

Judul lagu itu pun baru akan diumumkan oleh Iwan dalam konser bertiket dari Rp 400 ribu hingga Rp 1 juta per lembar tersebut.

Bagi Iwan, menyajikan lagu bertema cinta Indonesia, termasuk yang liriknya mengkritik apa yang terjadi di negeri ini, merupakan cara utamanya untuk menyuarakan sikapnya.

"Saya enggak mau negeri yang saya cinta ini rusak cuman gara-gara orang brengsek. Ya, cara saya ya gini, nyanyi," paparnya.

"Bahwa musik kan jalan yang saya pilih, hidup saya di musik, apa anehnya. Saya harus main musik. (Kalau tidak) kayak ikan enggak kena air aja," tekannya.

Kompas Video Wawancara dengan Iwan Fals - bagian 1
Kompas Video Wawancara dengan Iwan Fals - bagian 2
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com