Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Giring "Nidji": Mereka Pikir Bayar Warnet Itu Beli Lagu

Kompas.com - 24/11/2015, 18:43 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com --
Melawan pembajakan kini telah menjadi misi bersama pelaku industri musik, termasuk vokalis Nidji, Giring Ganesha(32). Untuk itu, Giring mengapresiasi langkah Kementrian Komunikasi dan Informasi menutup 22 situs musik ilegal.

"Bagaimana revolusi metal dari pemerintah bisa membuat masyarakat mencintai musik Indonesia dengan tidak download lagu dari situs-situs ilegal. Ini baru langkah awal. Tugas kami sebagai musisi membuat lagu, menghibur orang," ujar Giring di Gedung Kementrian Kominfo, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (23/11/2015).

Ayah dua anak ini juga yakin bahwa masyarakat Indonesia pada dasarnya tak memiliki mental pembajak, khususnya dalam musik. Hanya saja, kata dia, pemerintah dan dinas terkait masih kurang memberi sosialisasi dan edukasi mengenai unduh legal.

"Itu balik lagi ke mentalnya. Perjuangan masih panjang tapi saya yakin pasti bisa. Pemerintah harus bisa memberi tahu mana yang boleh mana yang tidak," kata Giring.

Sebagai musisi, Giring bersama Nidji tak tinggal diam menyikapi pembajakan digital yang sangat merugikan. Band yang populer dengan single "Laskar Pelangi" tersebut selalu menyuarakan antipembajakan di setiap kesempatan.

"Selalu bro. Yang paling lucu di Twitter ada beberapa fans yang bilang gini, 'Bang kenapa sih kita gak boleh download dari situs yang bajakan? Kan kita bayar juga ke warnet'. Mereka pikir bayar warnet itu beli lagu. Kita harus bisa kasih tahu pelan-pelan. Kalau mau dari web yang legal saja. Musik jauh lebih berkualitas dari yang legal," tuntasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com