Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakar Telematika: Foto 2 Orang Mesra Mirip Angel Karamoy-Pasha "Ungu" Bukan Editan

Kompas.com - 01/12/2015, 14:20 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Pakar telematika Abimanyu Wachjoewidajat menilai, empat dari lima foto pose mesra dua orang mirip artis peran Angel Karamoy (28) dan vokalis Pasha "Ungu" (35) yang tersebar di internet kemungkinan asli.

"Penampilan itu semua wajar, enggak kelihatan editan. Empat dari lima, yang satu saya masih ragu," ungkap pria yang akrab disapa Abah itu saat dihubungi Kompas.com, Selasa (1/12/2015).

Kendati foto yang ia terima bukanlah file pertama yang belum diunggah, Abah merasa yakin, keaslian foto tersebut, jika diteliti, bisa dilihat dari kewajaran pada tata warna.

"Analisisnya belum bisa dibilang mateng ya. Saya cuma bisa menilai dari hal-hal yang umum saja. Dari situ, saya lihat berdasarkan logika, tata warna, kewajaran, itu kemungkinan asli. Ini karena itu tadi, foto yang saya terima itu hasil repro," ungkapnya.

Untuk hasil yang valid, Abah mengaku masih menunggu file asli lima foto tersebut.

"Bisa banget. Kalau misalnya rekayasa, sekarang kan hasil repro, belum bisa. Ditunggu saja file yang bukan hasil repro, baru bisa dibuktikan," kata Abah menekankan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com