Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengakuan Charlie Sheen Nyalakan Kembali Semangat Aktivis AIDS Ini

Kompas.com - 01/12/2015, 17:54 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis


LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Aktor Hollywood Charlie Sheen (50) dianggap mampu menyalakan kembali gairah dan semangat aktris Broadway, Sheryl Lee Ralph, dalam meningkatkan kesadaran akan bahaya HIV/AIDS.

"Tidak peduli bagaimana pendapat orang tentang Charlie Sheen. Saya katakan, 'Terima kasih Tuhan untuk Charlie Sheen' karena ia mengakui dirinya (HIV positif), tak peduli apapun yang orang rasakan tentangnya. Tak banyak orang yang saya temui yang mau berbicara tentang HIV selama ini," kata Ralph, Selasa (1/12/2015).

Ralph merupakan aktivis untuk penelitian HIV/AIDS yayasan Divinely Inspired Victoriously Aware (DIVA) Foundation selama 25 tahun. Ia berharap pengakuan Sheen sebelumnya akan membantu masyarakat kulit hitam lebih memperhatikan lagi penyakit AIDS.

"Saya senang untuk bisa mendapatkan akses lebih di radio 'hitam' untuk berbicara tentang HIV dan tesnya, tetapi ketika mencoba untuk menjangkau beberapa orang, mereka tidak ingin berbicara tentang hal itu," tuturnya.

Memperingati Hari AIDS Sedunia pada 1 Desember, Ralph telah bermitra dengan OraQuick tes HIV untuk mendistribusikan 10.000 alat tes di kawasan Selatan Amerika dan beberapa perguruan tinggi yang bersejarah untuk masyarakat kulit hitam.

"Tujuan saya tahun depan adalah untuk membuat orang memahami bahwa tes HIV itu kuat. Tes HIV menyelamatkan hidup Anda. Ketidaktahuan akan berdampak pada hidup Anda. Cara terbaik memperingati Hari AIDS Dunia adalah dengan tes HIV, terutama jika Anda adalah orang yang aktif secara seksual atau berpikir menjadi orang yang aktif secara seksual. Tes HIV lah dan ketahuilah status Anda," tutur Ralph.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com