Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ebiet G Ade: Apa Kalian Masih Ingat Saya?

Kompas.com - 01/12/2015, 20:34 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com --
Vokalis dan penulis lagu senior Ebiet G Ade (61) penasaran apakah masih ada yang mengingat dirinya atau lagu-lagunya. Sebab, Ebiet mengaku bahwa saat ini dirinya tak pernah lagi tampil di televisi.

"Apa teman-teman masih ingat saya? Apa waktu lagu saya menjadi hit sudah pada lahir? Hari ini tiba-tiba saya mendapat perhatian, difotoin. Ini sesuatu yang baru lagi," tuturnya dalam jumpa pers "Konser 3 Generasi" di Patheya Resto, Jakarta Selatan, Selasa (1/12/2015) sore.

"Wajah saya memang sudah tidak seperti dulu lagi. Dulu jelek, sekarang keren, sudah takdir," tambahnya mengundang tawa peliput yang hadir.

Pelantun lagu-lagu balada ini mengaku tetap produktif dalam berkarya. Kali terakhir dirinya mengeluarkan album Serenade pada 2013 lalu. Namun, sayang, karya tersebut tak terdengar lantaran Ebiet hanya memasarkannya di kalangan komunitas.

"Karena saya tidak tahu lagi harus jual di mana. CD sekarang tidak mudah lagi didapatkan di toko-toko. Walaupun sudah tua, eh keren, saya masih bikin album," kata Ebiet dalam canda.

Selain masih berkarya, Ebiet mengaku kerap tampil dalam beberapa kesempatan acara pribadi yang mengundangnya sebagai penyanyi.

"Kalau Rossa ke sana ke mari konser, kalau saya ke sana ke mari ngamen. Saya lebih membangun suasana intimate. Diundang ke acara private," ucap Ebiet mengundang tawa vokalis Rossa yang duduk di sampingnya.

Adapun album Serenade yang berisi delapan lagu dicipta Ebiet untuk sang istri, Koespudji Rahayu Sugianto. 

"Itu saya buat untuk istri saya. Saya pikir awalnya konsepnya untuk istri tapi belakangan istri dan anak-anak minta bikin album untuk masyarakat," kata Ebiet.

Hingga kini, Ebiet telah berkarier di industri musik Tanah Air selama 36 tahun dengan menelurkan 22 album. Ia selama ini dikenal dengan lagu-lagunya yang bertemakan cinta, alam, sosial-politik, bencana, religius, keluarga, dan lainnya.

Pada 31 Desember 2015 nanti, ia akan tampil dalam konser "Konser 3 Generasi" bersama Rossa dan master beatbox Jevin Julian di Hotel Tentrem, Yogyakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com