Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andrea Hirata dan Novel yang Menyenangkan

Kompas.com - 05/12/2015, 19:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Novel "Negeri Van Oranje" (NVO) yang ditulis oleh trio Wahyuningrat, Adept Widiarsa, Nisa Riyadi, dan Rizki Pandu Permana, mendapat pujian dari novelis Andrea Hirata.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (5/12/2015), penulis tetralogi "Laskar Pelangi" tersebut mengatakan, "NVO" merupakan bacaan yang menyenangkan untuknya.

"Novel yang menyenangkan," kata Andrea yang menulis testimonialnya dalam sampul novel "NVO".

Selain sebagai bacaan yang menyenangkan, novel ini sering disebut-sebut sebagai panduan bagi para mahasiswa Indonesia yang ingin belajar di Belanda. Rizky mengatakan, apa yang diraih novel "NVO" telah melampaui ekspetasi dirinya.

"Enggak terbayangkan novel 'Negeri Van Oranje' bisa sampai titik ini. Karena awalnya kami hanya diskusi iseng dan saya ingat coret-coretannya hanya di tisu, apalagi saat tiga senior kami (Raditya Dika, Andrea Hirata, dan Trinity), memberikan endorsement, saya senang sekali," ujarnya.

Rizky berharap, baik novel maupun film Negeri Van Oranje akan terus dijadikan panduan bagi pelancong atau mahasiswa yang ingin ke Belanda.

"Mudah-mudah novel ini akan terus ada dan memang dalam novelnya harus ada update. Selain itu, saya juga berharap film Negeri Van Oranje juga mendapatkan prestasi yang lebih baik," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com