Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Pranowo: Seharusnya Iko Uwais-Yayan Ruhian Berbahasa Sunda

Kompas.com - 28/12/2015, 13:01 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bahwa seharusnya Yayan Ruhian berbicara dalam bahasa Sunda dengan Iko Uwais dalam film Star Wars: The Force Awakens, yang sedang mengisi layar gedung-gedung bioskop di Indonesia.

"Tadi itu Si Yayan itu kan orang Sunda ya. Kalau tadi dia pakai bahasa Sunda dalam dialognya, pasti efeknya luar biasa," ujar Ganjar sesudah menonton film tersebut di Paragon Mall, Semarang, Minggu (27/12/2015) sore.

Dalam film tersebut, Iko dengan Yayan bercakap-cakap dalam "bahasa planet".

"Kalau pakai bahasa Sunda kan asyik. Kan itu bahasanya (Sunda dan "bahasa planet") sama-sama tidak (ada yang) tahu. Seharusnya pakai Sunda ya, kumaha, damang, misalnya," sambung Ganjar.

Dalam film itu, Iko, Yayan, dan artis peran laga Cecep Arif Rahman berperan sebagai anggota-anggota organisasi kriminal intergalaksi Kanjiklub.

"Kami dibuatkan bahasa sendiri. Iko dan Yayan yang ada bahasa planet sendiri untuk mereka berdialog," kisah Cecep dalam jumpa pers pada acara pemutaran perdana film tersebut di Senayan City XXI, Jakarta, Selasa (15/12/2015).


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com