Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jubing dan Gitar "Pagi Putih"-nya

Kompas.com - 10/01/2016, 16:15 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Gitaris Jubing Kristianto punya kado istimewa untuk para penggemar musik, khususnya instrumen gitar, yakni album terbaru berjudul Pagi Putih.

Judul album kelima ini (setelah album keempat Kaki Langit) membawa imaji orang akan suasana pagi masa lalu, atau di wilayah pedalaman, yang masih acap berselimut embun yang mengabut berwarna putih.

Dengan 16 lagu, dua di antaranya sama, yakni lagu anak-anak "Naik ke Puncak Gunung", yang dimainkan dengan gaya berbeda, 14 lagu lainnya juga merupakan koleksi genre yang kaya, mulai dari lagu Jawa "Gethuk" ciptaan Manthous, lagu Latin "Moliendo Café" karya H Blanco & J Perroni, klasik "Salut d'Amour" ciptaan E Elgar, hingga karya yang populer untuk gitar "Sound of the Bells" karya J Pernambuco.

Tala alternatif
Bagus memainkan "Moliendo Café" yang di sini lebih dikenal sebagai "Kopi Dangdut", Jubing merasa, yang paling berkesan untuk dirinya di album ini adalah lagu "Riversong" yang ia cipta sendiri.

Alasannya adalah lagu tentang sungai ini dimainkan dengan tala (tuning atau stem) alternatif.

(Jika tala standar gitar adalah E-A-D-G-B-E dari senar terbesar hingga senar terkecil, untuk karyanya tadi Jubing menggunakan tala D-A-D-A-A-E.)

"Ada keasyikan tersendiri karena saya menemukan harmoni bunyi yang sulit diperoleh dengan tala standar," ujar Jubing, akhir pekan lalu.

Tentang aneka irama yang ia tampilkan, Jubing mengatakan, itu untuk memperlihatkan betapa lenturnya gitar untuk memainkan beragam gaya dan jenis musik.

Dengan segala eksplorasi musikal tadi, Jubing tetap mengingatkan pentingnya musik klasik. Dengan musik klasik, wawasan dan apresiasi kita terhadap musik, apa pun jenisnya, akan meningkat.

Simaklah bagaimana dengan lagu-lagu yang ia pilih, Jubing tidak saja memetik senar gitar (kadang dengan sangat genit), tetapi juga menggenjreng dan menepuk instrumen yang sangat ia banggakan ini.

Pencinta permainan gitar Jubing bisa mendapatkan album ini melalui i-Tunes dan Amazon.com. (NIN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com