Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan LSF Jadikan "Star Wars 7" untuk Semua Umur

Kompas.com - 12/01/2016, 18:45 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pihak Lembaga Sensor Film (LSF) memiliki alasan sendiri untuk menggolongkan film Star Wars: The Force Awakens atau Star Wars 7 sebagai tontonan bagi Semua Umur (SU) di Indonesia.

Padahal, di negara asal film itu, AS, Motion Picture Association of America (MPAA) memberi film tersebut rating PG (Parented Guidance)-13. Artinya, tanpa dampingan orangtua, hanya mereka yang berumur 13 tahun ke atas yang boleh menonton film itu.

"Karena, kami juga ingin memberi (film) pada kelompok-kelompok yang tidak cukup memperoleh film, yaitu kelompok film Semua Umur, yang minim sekali, lebih banyak film untuk remaja dan dewasa," jelas Ketua Lembaga Sensor Film (LSF), Ahmad Yani Basuki, kepada Kompas.com di Gedung LSF, Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan, Senin (11/1/2016).

Agar film tersebut pantas ditonton oleh mereka yang berusia 13 tahun ke bawah di Indonesia, LSF kemudian membuang adegan-adegan yang dianggap berlebihan bagi anak-anak berumur dua hingga 12 tahun.

"Kalau film itu kami rencanakan untuk Semua Umur, maka kekerasan yang tidak sepatutnya itulah yang kami potong. Sudah dikurangi," terangnya.

"Jadi, kadang ada film yang memang di luar negeri untuk dewasa, tapi di sini sudah dikurangi beberapa hal supaya bisa ditonton semua umur," tekannya.

Jadi, apakah Star Wars: The Force Awakens benar-benar sudah sesuai diberi rating SU dan pantas ditonton oleh mereka yang berusia di bawah 13 tahun di Indonesia?

"Ya, dengan merevisi dan mengurangi bagian yang tidak cocok untuk Semua Umur," katanya lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com