Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"The Big Short", Mencari Untung di Tengah Krisis Global 2008

Kompas.com - 16/01/2016, 13:24 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com --
Krisis ekonomi yang melanda AS hingga menjalar secara global pada 2008 lalu rupanya pernah diprediksi oleh segelintir orang yang bekerja di bidang keuangan serta saham di AS. Lalu, segelintir orang itu melakukan manuver berisiko tinggi di pasar saham.

Inilah yang coba digambarkan oleh sutradara Adam McKay melalui film The Big Short yang ia garap berdasarkan buku yang berjudul sama karangan Michael Lewis.

Cerita The Big Short berawal dari seorang manajer keuangan dan seorang penggemar musik heavy metal Michael Burry (Christian Bale) pada 2005 yang menemukan fakta bahwa bisnis kredit rumah yang ada di AS sedang tidak stabil.

Ia menemukan fakta tersebut dari catatan pembayaran kredit yang telat atau bahkan tidak dibayarkan. Berdasarkan data dan penilaiannya, ia memprediksi bahwa pasar saham akan hancur pada tahun 2008 jika keadaan itu terus terjadi.

Burry menganggap sistem kredit saat itu hanya akan menjadi sebuah bom waktu saja. Wall Street dan pihak pemerintah AS tidak menyadari hal itu dan menganggap bahwa pasar saham sedang dalam keadaan sehat.

Burry memilih untuk bermanuver dengan melakukan sebuah investasi bernama Credit Default Swap (CDS) dengan tujuan mencari keuntungan ketika yang diprediksi benar, maka ia akan mendapatkan miliaran dollar AS.

Dengan mudah tawaran yang ia buat untuk sejumlah bank diterima karena pihak bank menganggap idenya adalah ide bodoh dan gila.

Sebagai sebuah film drama yang sarat dengan sejarah keuangan dan krisis global. Film ini mampu memberikan gambaran umum teantang sisi lain di balik pasar saham dan jatuhnya saham hingga mengakibatkan krisis global.

Sutradara McKay mampu menampatkan dengan tepat penjelasan-penjelasan mengenai istilah-istilah dunia perbankan dan saham dengan cara unik, yaitu menghadirkan beberapa cameo terkenal.

Film ini sangat cocok bagi mereka yang bekerja di bidang ekonomi, entah itu di bank, pasar saham, dan bidang ekonomi lainnya. Sayangnya, bagi mereka yang tidak mengerti dan tidak mendalami dunia itu, sangat sulit untuk mencerna percakapan-percakapan dalam film ini meski telah dikemas dengan sangat baik.

The Big Short telah tayang di AS pada Desember 2015 lalu. Di Indonesia, film ini kini telah tayang di bisokop. Dari skala 1-5, Redaksi Kompas Entertainment memberi rating bintang empat untuk film ini.

Produser: Dede Gardner, Jeremy Kleiner, Arnon Milchan; Brad Pitt
Rumah Produksi: Plan B Entertainment, Regencies Enterprises
Distribusi: Paramount Pictures
Sutradara: Adam McKay
Penulis Naskah: Adam McKay, Charles Randolph
Pemain: Christian Bale, Steve Carrel, Ryan Gosling, Brad Pitt, John Magaro, Finn Wittrock

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com