Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Surat dari Praha", Kisah Masa Senja Mantan Warga Negara Indonesia

Kompas.com - 26/01/2016, 17:37 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Bagi Mahdi Jayasri (Tio Pakusadewo) Tanah Air hanyalah kenangan masa lalu. Begitu pula cintanya yang tertinggal di sana.

Di usia senjanya, Jaya hanya ingin menjalani hidup dengan tenang di Praha, Republik Ceko. Sudah terlalu lama ia memutuskan untuk melupakan negaranya dan mengikhlaskan hatinya setelah kewarganegaraannya dicabut karena menolak Orde Baru pada 1965.

Namun, kehidupan Jaya tiba-tiba terusik dengan kedatangan Larasati (Julie Estelle), seorang perempuan muda dari Indonesia, yang mengantarkan sebuah kotak kayu beserta sepucuk surat untuknya.

Seketika luka lamanya terbuka kembali saat melihat isi kotak dari Larasati. Jaya, mau tak mau bergelut lagi dengan ingatan tentang Sulastri dan peristiwa 1965 yang sudah ia kubur dalam-dalam selama puluhan tahun.

Di sisi lain, isi kotak itu justru memancing kemarahan Larasati. Ia menuding Jaya sebagai penyebab kekacauan hidupnya, orang yang bertanggung jawab atas ketidakbahagiannya.

Sepenggal cerita kehidupan di Eropa itulah yang diangkat oleh sutradara Angga Dwimas Sasongko dalam film terbarunya, Surat dari Praha.

Diperkuat dengan akting apik dari Tyo Pakusadewo yang mampu menampilkan sosok Jaya, pria paruh baya yang harus hidup dengan konsekuensi pilihan politiknya serta ketidakadilan yang ia alami selama masa pemerintahan Orde Baru.

Namun, jangan berpikir bahwa film ini bakal memeras otak. Yang ada adalah kisah Jaya dan Larasati akan menguras perasaan dari awal hingga akhir film.

Film produksi Visinema Pictures ini akan tayang perdana pada 28 Januari 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com