Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Artis Musik Andy Julias Tutup Usia

Kompas.com - 17/02/2016, 17:21 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis musik senior Tanah Air, Andy Julias (60), meninggal dunia di rumah sakit MMC, Jakarta Selatan, Rabu (17/2/2016) siang ini. Andy dikabarkan tutup usia karena stroke.

"Jam 12.54 WIB. Mohon doa," tutur pemerhati dan penikmat musik progresif Indonesia yang juga rekan mendiang Andy, Ella Suud, kepada Kompas.com melalui pesan singkat, Rabu.

Ella mengatakan, kakak kandung pemain keyboard Adi Adrian "KLa Project" tersebut disemayamkan di rumah duka Jalan Gudang Peluru Barat IV Blok W Nomor 539.

Sementara jenazah Andy akan dikebumikan pada Kamis 18 Februari 2016 besok.

"Jam sembilan pagi di TPU Tanah Kusir," tutur Ella.

Semasa muda, Andy merupakan drummer grup band art metal MAKARA yang dibentuk pada 1980. Andy bersama Januar Irawan mencipta lagu "Sangkakala" dan "Laron-laron".

Andy awalnya merintis karier lewat dunia radio khusus lagu-lagu classic rock dan progressive. Kemudian ia membentuk komunitas Indonesian Progressive Society (IPS), wadah diskusi tentang pikiran progesif terhadap musik, khususnya progressive rock.

Andy juga pernah menjabat sebagai Music director sekaligus Penanggung Jawab Kategorisasi Anugerah Music Indonesia (AMI) Awards pada 2013 lalu.

Dia ikut terlibat dalam proses kreatif Solo, sebuah album musik perdana karya penyanyi Lilo Romulo Radjadin yang juga gitaris KLa Project yang dirilis pada tahun 1996. Di album ini Lilo dibantu oleh Pay, Thomas, dan lain-lain. Lagu yang diandalkan adalah "Sandra" dan "Untuk Teman".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com