Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ananda Sukarlan Sajikan Musikalisasi "Tweets"

Kompas.com - 18/02/2016, 08:00 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Musikalisasi puisi, sudah biasa. Bagaimana dengan musikalisasi tweets?

Pianis sekaligus komponis Ananda Sukarlan (47) menyajikan musikalisasi atas tweets dari penyair Aan Mansyur dalam acara peluncuran buku puisi Di Hadapan Rahasia karya Adimas Immanuel di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Rabu (17/2/2016) malam.

Sebelum membawakan komposisi musik atas puisi-puisi Adimas, Ananda memainkan sebuah komposisi musik yang diciptanya untuk beberapa tweet dari pemilik akun Twitter @aanmansyur itu.

"Saya enggak tahu persis kenapa saya bikin itu. Yang jelas, saya suka tweets dari Aan Mansyur, dia penyair favorit saya kan," kata Ananda ketika diwawancara oleh Kompas.com sesudah acara tersebut.

"Tweets dia putis-puitis kan? Jadi, saya mikir, ini harus bisa dibikin musiknya, dan itu enggak ada yang minta," katanya lagi. 

Selama ini, Ananda sudah membuat sejumlah musikalisasi puisi, termasuk atas puisi karya Sapardi Djoko Damono.

Meski begitu, membuat musikalisasi tweets menjadi tantangan tersendiri baginya.

"Untuk tweets jauh lebih susah, karena kata-katanya juga sedikit. Tapi, justru di situlah tantangannya, bagaimana membuat komposisi musik dari kata-kata yang sedikit itu," tuturnya.

Penggiat musik sastra melalui Yayasan Sastra Indonesia ini juga mengungkapkan keinginannya untuk mencipta lebih banyak komposisi musik dari tweets yang puitis.

"Saya baru bikin dari Aan Mansyur itu, tapi saya pengin lebih banyak sih dari tweets. Meski susah, buat saya semua itu tantangannya," tuturnya lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com