Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekaman Super-langka The Beatles Akan Dilelang

Kompas.com - 26/02/2016, 21:02 WIB
KOMPAS.com — Sebuah rekaman yang sangat langka dan berharga dari kelompok musik The Beatles akan dilelang bulan depan.

Rekaman yang ditemukan teronggok di loteng rumah pianis Inggris, Les Maguire, itu berupa piringan hitam 10 inci yang berisi lagu "Till There Was You" dan "Hello Little Girl".

Maguire yang merupakan pemain keyboard kelompok asal Liverpool, Gerry and the Pacemakers, mengatakan, rekaman itu merupakan "pemicu kesuksesan The Beatles".

Di piringan itu terdapat tulisan tangan manajer The Beatles, Brian Epstein.

Rekaman itu diperkirakan bisa terjual dengan harga hingga 10.000 poundsterling atau sekitar Rp 187 juta sekalipun sulit memastikan berapa harga jual yang akan tercapai mengingat langkanya barang ini.

Rekaman yang dilabeli sebagai karya "Paul McCartney & The Beatles" ini dicetak di toko rekaman HMV di Oxford Street, London, dan diberikan kepada produser George Martin yang bekerja di perusahaan rekaman EMI, sebelum band itu mengikat kontrak.

Maguire yang kini berumur 74 tahun diberi piringan itu oleh Epstein pada tahun 1963 setelah George Martin mengembalikannya.

Ahli sejarah The Beatles, Mark Lewisohn, menyatakan, rekaman ini merupakan salah satu "rekaman paling langka dan paling diminati kolektor" dari rekaman The Beatles.

Lelang ini akan dilakukan di balai lelang Omega di Warrington pada tanggal 22 Maret, dan akan disiarkan secara langsung melalui internet agar memungkinkan untuk diikuti peserta di seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com