Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Film "Senyap" Hadir dalam Oscar 2016

Kompas.com - 29/02/2016, 07:42 WIB
LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Tim film The Look of Silence atau Senyap, yang masuk nominasi Best Documentary Feature, hadir dalam pergelaran Academy Awards atau Oscar 2016.

Mereka adalah sutradara film itu, Joshua Oppenheimer; produsernya, Signe Byrge Sorensen; dan Adi Rukun, adik korban pembantaian massal 1965 di Indonesia.

Film dokumenter itu memotret kehidupan nyata pasca pembantaian massal 1965 di Indonesia dari sudut pandang keluarga korban.

Dinyatakan oleh Oppenheimer, film tersebut merupakan film Indonesia pertama yang masuk nominasi Oscar.

"Untuk Senyap, ada co-producer Indonesia yang terlibat, tapi anonim demi alasan keamanan. Karena itu, kami menyebut film ini sebagai film Indonesia pertama yang meraih nominasi Oscar," tutur sutradara film AS yang tinggal di Kopenhagen, Denmark, tersebut, ketika diwawancara oleh VOA beberapa waktu lalu.

Dalam kategori Best Documentary Feature, The Look of Silence atau Senyap bersaing dengan film-film Amy, Cartel Land, What Happened, Miss Simone?, dan Winter on Fire: Ukraine's Fight for Freedom.

Pergelaran Oscar 2016 diselenggarakan di Dolby Theatre, Hollywood, California, AS, Minggu (28/2/2016) waktu setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com