Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oscar 2016 Diwarnai Unjuk Rasa di Sekitar Dolby Theatre

Kompas.com - 29/02/2016, 10:09 WIB
HOLLYWOOD, KOMPAS.com -- Puluhan orang berunjuk rasa di dekat Dolby Theatre di Los Angeles, California, AS, Minggu (28/2/2016) siang, memprotes kurangnya keragaman dalam ajang the Academy Awards tahun ini.

Para demonstran membawa poster-poster yang bertuliskan "Kami Menuntut Peluang" dan "Hollywood Harus Lebih Baik" sambil meneriakkan "Hollywood Rasis".

Salah seorang aktivis, KW Tulloss, dari organisasi National Action Network (NAN) cabang Los Angeles mengatakan bahwa aksi tersebut berupaya mengirim pesan yang kuat bahwa keragaman dalam industri jangan menjadi sekadar janji palsu.

Unjuk rasa yang digagas oleh aktivis kulit hitam Al Sharpton dari NAN tersebut diadakan hanya beberapa jam sebelum acara penghargaan Oscar ke-88 itu.

Selain di Los Angeles, unjuk rasa serupa juga diadakan di beberapa kota lain di AS.

Perhelatan Oscar kali ini menuai kecaman karena selama dua tahun berturut-turut semua aktor dan aktris yang dinominasikan berkulit putih.

Hal itu memicu seruan boikot dan tagar #OscarsSoWhite di media sosial.

The Academy of Motion Picture Arts and Sciences, penyelenggara Oscar, telah berjanji akan meragamkan anggotanya sebelum 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com