Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sutradara: "Senyap" Juga Mengenai Bungkamnya AS Terkait "Peristiwa 1965"

Kompas.com - 01/03/2016, 18:31 WIB
LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Sutradara The Look of Silence atau Senyap, Joshua Oppenheimer, mengatakan bahwa filmnya itu bukan melulu mengenai diamnya Indonesia, melainkan juga tentang bungkamnya AS mengenai peristiwa 1965.

The Look of Silence merupakan karya kedua sutradara Joshua Oppenheimer yang berkisah tentang peristiwa 1965 dan masuk nominasi Academy Awards atau Oscar untuk kategori Film Dokumenter Terbaik.

Filmnya yang terdahulu, The Act of Killing atau Jagal, meraih nominasi Oscar untuk kategori yang sama pada 2014.

The Look of Silence sangat dipuji dalam Oscar 2016, tetapi trofi Oscar untuk film dokumenter terbaik jatuh pada Amy.

Amy, yang disutradarai oleh Asif Karpadia dari Inggris, bercerita mengenai jatuh bangun kehidupan mendiang artis musik Amy Winehouse.

Penghargaan tertinggi untuk Film Terbaik diraih oleh Spotlight, film mengenai aksi wartawan The Boston Globe mengungkap kasus pelecehan seksual di gereja Katolik.

Film tersebut mengalahkan The Revenant, yang banyak dijagokan.

Meski begitu, The Revenant berjaya pada tiga kategori, yaitu Sinematografi Terbaik untuk Emmanuel Lubezki, Aktor Terbaik untuk Leonardo DiCaprio, dan Sutradara Terbaik untuk Alejandro Gonzales Innaritu.

Sebagaimana yang diduga, penghargaan Aktris Terbaik disabet oleh Brie Larson untuk film Room.

Dalam film itu, Larson berperan sebagai seorang perempuan yang akhirnya dibebaskan bersama sang putra, setelah dikurung selama tujuh tahun oleh pemerkosanya.

Sementara itu, kategori Aktris Pendukung Terbaik dimenangi oleh Alicia Vikander berkat aktingnya dalam film The Danish Girl.

Penghargaan kategori Aktor Pendukung Terbaik diraih oleh Mark Rylance, yang berperan sebagai mata-mata Rusia dalam film karya Steven Spielberg, Bridge of Spies.

Rylance mengalahkan Sylvester Stallone, yang banyak dijagokan setelah kembali berperan sebagai Rocky Balboa dalam Creed.

The Look of Silence
Pada Academy Awards ke-88 itu, satu-satunya film yang "bernuansa" Indonesia yang menjadi nomine adalah The Look of Silence atau Senyap, untuk kategori Film Dokumenter Terbaik.

The of Silence berkisah tentang keluarga korban pembantaian massal 1965 yang menemui dan menginterogasi pembunuh keluarganya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com