Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jubing Kristianto Sempat Tak Ingin Rilis Album Fisik "Pagi Putih"

Kompas.com - 04/03/2016, 07:00 WIB
Irfan Maullana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Gitaris Jubing Kristianto merasa bergairah untuk merilis album Pagi Putih miliknya pada November 2015 lalu. Sebab, kata dia, pembeli CD album fisik tetap setia menanti karya-karyanya.

"CD ini sebenarnya sudah ada sejak November, sudah ada di pasaran," kata Jubing dalam pertunjukan "Pagi Putih" yang digelar di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (3/3/2016) malam.

"Karena toko CD banyak yang sudah tutup, tadinya enggak mau bikin CD. Tapi, ternyata masih banyak yang mau punya CD, masih ada yang mau pegang CD, katanya bisa buat ditandatangani. Akhirnya bikin CD juga," lanjutnya.

Kendati toko kaset dan CD banyak yang gulung tikar, hal itu tak menyurutkan semangat Jubing untuk menjual albumnya melalui media sosial atau online. Adapun album digitalnya dijual melalui iTunes.

Ia juga menjual albumnya di sela pertunjukan "Pagi Putih" yang sengaja digelar di Bentara Budaya Jakarta dalam rangka promo album kelimanya itu.

"Terakhir tanggal 3 Maret, album Kaki Langit itu launching-nya juga di sini. Tanggal 3 Maret juga, tapi 2011. Jadi mungkin itu (3 Maret) hari yang baik ya," kata Jubing.

Tak hanya mengenalkan komposisi dan lagu terbaru dalam Pagi Putih. Jubing juga membuai dengan komposisi lawas pianis dunia Scott Jomplin.

"Ini lagu dari Scott Joplin, dia pemain piano, dia sempat hits pas 1800-an. Saya dengar lagu itu pas orangtua saya beli film The Sting, judul lagunya 'The Entertainer' (1902). Saya mainkan lagu ini dengan gitar, tapi semangat The Entertainer-nya masih ada," tutur Jubing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com