Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi S2, Gita Gutawa Bertanya ke Titiek Puspa hingga Joshua Suherman

Kompas.com - 08/03/2016, 17:17 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Telah meraih gelar S2 dari The London School of Economics and Political Science pada Desember 2015, penyanyi, pencipta lagu, dan produser musik Gita Gutawa (22) membagi sedikit cerita mengenai tesisnya yang membahas musik anak Indonesia.

Untuk menyelesaikan tugas akhirnya, yang berjudul What Music Should Children Listen To, putri komposer dan produser musik Erwin Gutawa ini kembali ke Indonesia pada 2015 untuk melakukan riset.

Sejumlah pihak yang terlibat dalam industri musik anak ia wawancarai. Dari pencipta lagu senior hingga penyanyi cilik era 1990-an.

"Ke pencipta-pencipta lagu kayak Titiek Puspa, Bens Leo untuk sejarah musik Indonesia, Frans Sartono (jurnalis musik), penyanyi anak kayak Joshua (Joshua Suherman) sama Tasha," ujarnya sesudah konferensi pers konser DARR (Di Atas Rata-rata) 2 di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (8/3/2016).

Kata Gita, ia mengangkat sisi produksi lagu untuk anak, dari era 1990-an sampai sekarang ketika perkembangan teknologi semakin pesat sehingga meningkatkan pengetahuan bermusik anak.

"Aku wawancara lebih dari sisi produsernya. Modalnya lebih banyak interview. Aku bikin disertasi soal musik anak. Judulnya, 'What Music Should Children Listen To'," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com