Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahok Harap Masalah Zaskia Gotik Tak Ditanggapi Berlebihan

Kompas.com - 19/03/2016, 11:59 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok turut memberi pandangannya terhadap masalah yang menimpa pedangdut Zaskia Gotik. Menurut dia, jawaban Zaskia yang dianggap melecehkan lambang negara tak perlu ditanggapi dengan emosi berlebihan.

"Bukan mempersoalkan sesuatu jadi emosi, mau demo. Makanya, cara pandang masing-masing berbeda," tuturnya usai nonton bareng film Comic 8: Casino Kings part 2 di XXI Djakarta Theatre, Jumat (18/3/2016) malam.

Selama ini, kata dia, sebetulnya banyak juga orang yang menjadikan lambang negara sebagai lelucon sehari-hari.

"Sama aja yang nyebarin Pancasila diubah-ubah, Ketuhanan yang Maha Esa diganti jadi 'keuangan yang maha esa'. Waktu itu enggak ada yang ribut kok. Makanya, relatif Anda mandangnya seperti apa. Tergantung, Anda sensitif atau tidak," ujarnya.

"Pernah nonton film Hollywood atau Inggris? Ratu Elizabeth pun dimainin Mr Bean. Sampai ratunya dimainin, digaplok-gaplok. Itu mereka enggak pernah menganggap itu menghina kepala negara," tambahnya.

Ahok mengakui, jika lambang negara dijadikan bahan canda, orang yang bersangkutan harus diberi teguran dan diperingatkan. Tetapi tidak juga sampai berlebihan.

"Tapi kalau saya orangnya jujur aja saya enggak gitu pusing soal simbol. Bagi saya jauh lebih penting kamu seorang patriot sejati dengan tidak korupsi dan taat konstitusi. Itu jauh lebih berarti daripada Anda mempersoalkan simbol-simbol. Seolah-olah kamu sangat nasionalis," ucapnya.

"Bisa membuktikan harta, taat konstitusi, enggak terima suap, itu baru negarawan, nasionalis," kata Ahok lagi.

Diketahui, pada Selasa 15 Maret 2016 lalu, Zaskia mengucapkan kata-kata yang dinilai melecehkan kehormatan negara saat segmen 'Cerdas Cermat Bersama Cecepy'.

Ketika itu, Zaskia Gotik memberi jawaban asal-asalan, antara lain "Setelah azan subuh… tanggal 32 Agustus" untuk pertanyaan tanggal Proklamasi.

Lalu untuk pertanyaan apa lambang dari Pancasila, sila ke 5? Zaski menjawab "bebek nungging".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com