Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bipolar Bikin Marshanda Sering Terserang Panik

Kompas.com - 02/04/2016, 19:47 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Marshanda telah mengakui bahwa dirinya terdiagnosis menderita bipolar atau seorang dengan gangguan kejiwaan berupa perubahan suasana hati dalam satu periode tertentu.

Caca, begitu ia disapa, juga mengungkapkan bahwa dirinya sering merasa panik di saat-saat tertentu.

"Aku bukan profesional (pada bidang) bipolar, tapi aku banyak belajar. Aku jadi paham diri aku ini. Aku sempat berapa kali, pas goyang beberapa tahun lalu sering panic attack," ujarnya saat ditemui di Gedung Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (2/4/2016).

Untuk itulah, ibu satu anak ini harus menghafalkan berapa tingkat rasa panik yang ia rasakan. Kata dia, cara itu cukup membantunya untuk meredam kepanikan.

"Nah pernah bilang ke mama, kalau aku lagi ngerasain panic attack, mama aku suruh nanya 'Ca kamu panic attack apa enggak?’ Nah pasti aku akan jawab iya kalau aku beneran gitu. Terus mama aku suruh nanya, 'Level berapa panic attack-nya?'. Nah aku harus kasih nilai nih panic attack-nya," ujar Marshanda.

Marshanda pun terus berjuang menerima perubahan demi perubahan yang harus ia hadapi.

"Bipolar disorder itu luar biasanya bagaimana kita itu harus bisa menerima perubahan diri kita. Kedua, untuk teman-teman yang bingung lingkungan saya juga, sekarang saya lagi hilling nih," ucapnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com