Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iko Uwais: Festival Bela Diri Dunia di Purwakarta Lebih Keren daripada di Perancis

Kompas.com - 03/04/2016, 09:01 WIB
Reni Susanti

Penulis

PURWAKARTA, KOMPAS.com -- Festival Bela Diri Dunia 2016, yang diadakan di Purwakarta, Jawa Barat, membuat Iko Uwais (33) kagum. Artis peran sekaligus pesilat yang main dalam film Star Wars: The Force Awakens ini pun membandingkannya dengan festival serupa di seluruh dunia.

"Hanya Festival di Bercy, Perancis, yang bisa menjadi tandingan festival Purwakarta ini. Tetapi, Purwakarta lebih keren, karena kami tampil di tengah danau, sementara di Perancis tidak," ujar Iko di Purwakarta, Sabtu malam (2/4/2016).

Iko mengaku bahwa baru kali ini ia melihat festival bela diri yang diadakan secara kolosal, bukan melibatkan pendekar saja, melainkan juga penari.

Iko mengaku pula merasa terhormat didapuk mewakili Indonesia untuk memperlihatkan gerak-gerak pencak silat yang dipopulerkan dalam sebagian filmnya.

"Saya merasa sangat terhormat di sini. Program Bupati Purwakarta memang harus didukung, karena berhasil memadukan kultur bela diri dengan hiburan untuk masyarakat," tutur bintang film-film The Raid ini.

Untuk mengikuti festival tersebut, ia berlatih selama hampir satu bulan bersama timnya.

"Kami persiapan hampir satu bulan. Saya dan kawan-kawan berlatih setiap hari khusus untuk acara ini agar penampilan kami tidak mengecewakan," terang suami penyanyi Audy Item ini.

Festival Seni Bela Diri Dunia 2016 resmi dibuka pada Sabtu (2/4/2016) malam. Para pengunjungnya bisa menonton festival itu dan menikmati keindahan Air Mancur Taman Sri Baduga.

Festival yang baru kali pertama diselenggarakan di Asia Tenggara tersebut menghadirkan enam delegasi dunia, yaitu Brazil, India, Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, dan Indonesia. Mereka berhasil menjadikan bela diri identitas bangsa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com