Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kursi yang Diduduki JK Rowling Saat Menulis Harry Potter Dilelang

Kompas.com - 06/04/2016, 16:04 WIB


NEW YORK, KOMPAS.com -- Sebuah kursi kayu yang dipakai JK Rowling saat menulis dua buku pertama Harry Potter, kini dilelang di New York. Kursi tersebut diprediksi akan terjual hingga puluhan ribu dollar AS.

Kursi itu dihias goresan cat dan ditandatangani oleh sang novelis. Kursi dari kayu ek itu terlihat seolah-olah dikirim oleh Pos Burung Hantu, seperti dideskripsikan Rowling dalam sejarah kursi tersebut.

"Barang tersebut diberikan bersama dengan beberapa kursi lain dan itu yang paling nyaman," kata James Gannon, direktur buku langka di Heritage Auctions kepada Reuters.

"Dia mengatakan dalam suratnya bahwa dia meletakannya di depan mesin ketiknya dan itu tetap berada di sana."

Buku "Harry Potter and the Sorcerer's Stone" yang dirilis pada 1997 adalah awal dari tujuh buku populer mengenai remaja laki-laki penyihir yang hidup di dunia sihir. "Harry Potter and the Chamber of Secrets" menyusul setahun kemudian.

Berdasarkan laman resmi pelelang, kursi itu dibuka pada harga 65.000 dollar AS. Gannon mengatakan kursi itu tidak terlalu berharga namun asosiasi literatur membuatnya lebih mahal.

"Dia mengatakan saat itu kursinya seperti barang yang diambil di toko barang bekas," kata dia.

"Namun fakta bahwa dia menghabiskan waktu untuk mendekorasinya dan mendudukinya saat menulis buku itu hal yang penting."

Kursi itu terakhir dilelang pada 2009, berhasil meraup 29.000 dolar AS kata pelelang. Live auction akan dihelat di hotel Waldorf Astoria New York dan online pada Rabu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com