Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"American Idol" Menobatkan Juara Terakhirnya

Kompas.com - 08/04/2016, 16:08 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Setelah 15 musim mencari bintang dari seluruh penjuru negeri, program ajang pencarian bakat "American Idol", berakhir, Kamis (7/4/2016) malam waktu setempat.

"Siapa pun menang malam ini akan penutup sejarah yang diawali dengan Kelly Clarkson. Orang akan selalu mengingat juara pertama dan juara terakhir," kata host "American Idol", Ryan Seacrest.

Diawali dengan terpilihnya Kelly Clarkson sebagai juara American Idol pertama, publik Amerika memilih Trent Harmon sebagai idola terakhir. Pemuda 25 tahun  asal Mississippi itu mengalahkan finalis La'Porsha Renae.

KEVORK DJANSEZIAN / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP (Dari kiri ke kanan) Para juri musim 1 American Idol, Randy Jackson, Paula Abdul, dan Simon Cowell, serta pembawa acara Ryan Seacrest berada di panggung final musim ke-15 American Idol, di Dolby Theatre, Hollywood, Kamis (7/4/2016).
Acara itu dibuka dengan munculnya Presiden AS Barack Obama yang mengajak penonton untuk menggunakan hak pilih dalam pemilu.

"Tidak semua orang bisa menyanyi seperti Kelly Clarkson, tetapi suara kita sangat berarti," kata Obama yang mendorong rakyat Amerika untuk mendaftar di Vote.gov.

"Pertunjukan ini meraih puncaknya bukan hanya karena rakyat Amerika menonton, tetapi juga karena Anda berpartisipasi dalam kesuksesannya," kata Obama.

Acara puncak American Idol musim 15 itu diisi dengan penampilan para alumninya, seperti Kelly Clarkson, Carrie Underwood, dan Jennifer Hudson.

Selain itu, para penonton mendapat kejutan dengan munculnya trio juri pertama ajang pencarian bakat itu, yakni Simon Cowell, Randy Jackson, dan Paula Abdul.

Kehadiran mereka khusus untuk memberi penghormatan kepada host Idol, Ryan Seacrest.

Juri musim keempat, Carrie Underwood, tampil bersama salah satu juri, Keith Urban. Underwood kemudian kembali ke panggung dengan menyanyikan salah satu single-nya "Something in the Water".

Seperti Keith Urban, juri lainnya, Jennifer Lopez, juga menampilkan single terbarunya, "Ain't Your Mama".

"American Idol" sempat menjadi program televisi paling banyak ditonton di Amerika. Pada musim-musim awal, "Idol" ditonton 40 juta orang.

Acara ini kemudian merambah ke berbagai negara. Tak terkecuali Indonesia dengan acara "Indonesian Idol".

Namun dalam beberapa tahun terakhir ratingnya terus turun. Bahkan pada acara semalam pun hanya ditonton 10 juta orang.

Meskipun demikian acara ini kemudian menginsipirasi program-program pencarian bakat sejenis.

Malam penobatan juara ke-15 American Idol digelar di Dolby Theatre, Hollywood. Di tempat itu pula Kelly Clarkson dinobatkan sebagai Idol pertama pada tahun 2002.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com