Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sam "Bimbo": Penyakit Saya akibat Merokok Saat Muda

Kompas.com - 12/04/2016, 15:08 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Musisi Samsudin Hardjakusuma, atau yang lebih dikenal sebagai Sam Bimbo, dirawat di Rumah Sakit Siloam Asri, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Ia mengaku sakit karena kelelahan saat mengerjakan sebuah proyek musik.

"Kebetulan frekuensi pekerjaan saya cukup ketat. Saya dan rekan-rekan sedang sibuk untuk meng-collect hasil musik yang kacau-balau. Saya rapat terus-menerus. Itu mungkin kecapekan," ujar Sam saat menggelar jumpa pers di RS Siloam Asri pada Selasa (12/4/2016).

Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat juga menjadi penyebabnya. Sewaktu masih muda, kata Sam, ia termasuk orang yang suka merokok.

"Sakit saya disebabkan waktu muda merokok. Saya merokok sekitar hampir 20 tahun. Saya juga mengiklankan produk rokok 12 tahun. Dapat rokok itu semaunya. Akibatnya baru terasa sekarang," ujar vokalis grup musik Bimbo itu.

"Jadi, ada saluran pernapasan, lambung, sampai ke leher terganggu semua. Biasanya terganggu saat usia semakin tua," sambung dia.

Kini, Sam mengatakan bahwa kondisinya sudah membaik berkat perawatan tim medis rumah sakit. Hanya, pihak rumah sakit belum mengizinkan dia untuk pulang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com