Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zaskia Gotik Gugup Bertemu Rachmawati Soekarnoputri

Kompas.com - 14/04/2016, 17:15 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Penyanyi dangdut Zaskia Gotik (25) tampak gugup bertemu dengan Rachmawati Soekarnoputri, putri Presiden pertama RI, Soekarno, di ruang Yayasan Pendidikan Soekarno, Universitas Bung Karno (UBK), Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (14/4/2016).

Zaskia, ditemani oleh artis peran dan penyanyi dangdut Julia Perez (35) atau Jupe, bermaksud bersilaturahim dengan Rachmawati, yang merupakan pendiri Yayasan Pendidikan Soekarno.

Zaskia gugup karena Rachmawati bertanya tentang hal-hal yang sudah dipelajari oleh pelantun lagu "Satu Jam Saja" itu ketika mengikuti Klinik Pancasila pada Jumat (8/4/2016) di Pusat Pendidikan Pancasila, Puncak, Jawa Barat.

"Apa yang kamu ingat?" kata Rachmawati ketika berbincang dengan Zaskia.

Dengan ekspresi wajah tegang, Zaskia menceritakan rangkaian kegiatannya mengikuti pelatihan tersebut. Salah satunya, Zaskia mempelajari sejarah Pancasila dan Soekarno.

"Belajar Pancasila dengan lambang-lambangnya apa, ngapalin, ngelihat sejarah. Perjuangan Bapak Soekarno," jawab Zaskia.

Karena Zaskia menjawab dengan terbata-bata, Rachmawati langsung memotongnya.

"Dia takut banget," ujar Rachmawati, diikuti senyum dan tawa kecil sembari menenangkan Zaskia.

Rachmawati lantas memberi dua buku tentang sejarah Pancasila dan Soekarno.

"Ini saya kasih buku Hari Lahir Pancasila. Ini harus belajar dulu, harus tahu maknanya, apa itu Pancasila," ujarnya lagi.

Jupe, yang sarjana hukum lulusan UBK, pun membantu meredakan ketegangan Zaskia.

"Minta bimbingan dari Ibu supaya Zaskia bisa belajar semua. Dia mau ambil (Kejar) Paket B dan C (setara SMP dan SMA), setelah itu langsung ambil UBK ya, Bu," timpal Jupe.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu memberikan klarifikasi soal status dokter Klinik Pancasila yang diberikan kepada Zaskia.

"Dia bukan dokter. Dia adalah pasien yang sakit. Sudah bertobat. Nah, ini diobati. Kan begitu," kata Ryamizard di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jakarta Pusat, Rabu (13/4/2016).

Diberitakan sebelumnya, informasi pengukuhan dokter Klinik Pancasila disampaikan oleh Direktur Klinik Pancasila, Dodi Susanto.

"Sore ini, Kemenhan mengukuhkan Zaskia Gotik sebagai dokter Klinik Pancasila," ujar Direktur Klinik Pancasila, Dodi Susanto, sesudah upacara pelepasan peserta Klinik Pancasila di lapangan Gedung Kementerian Pertahanan, Jumat (8/4/2016).

Dodi mengatakan pula, sebagai dokter Klinik Pancasila, Zaskia diharapkan bisa ikut menyemangati anak-anak bangsa lainnya untuk ikut memahami dasar negara RI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com