Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal Tur Panjang Musikimia

Kompas.com - 17/04/2016, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Walau gedung hanya terisi seperempat dari total kapasitas maksimal, suasana panas dan semangat sudah semakin terasa, bahkan sejak band pembuka konser tur Rockadventure 2016, NTRL, memainkan delapan lagu andalan mereka.

Ratusan pengunjung berjingkrak-jingkrak di depan panggung, beberapa ikut menyanyikan lagu-lagu yang dibawakan. Sementara sebagian penonton lainnya santai berdiri mendekati para pemusik untuk mengabadikan momen tersebut dalam telepon-telepon genggam pintar.

Konser hari pertama, Sabtu (16/4/2016), di Gedung Kesenian Cibinong, Bogor, Jawa Barat, memang terkesan "signifikan" dengan konsep tata panggung, pencahayaan, dan tata suara yang disediakan penyelenggara.

Kegembiraan meningkat saat band rock Musikimia naik ke atas panggung menggantikan NTRL. Gebukan drum Yoyo, cabikan bas Rindra, dan raungan gitar Stephan Santoso menandai peralihan babak selanjutnya pertunjukan musik cadas itu.

Perjalanan Musikimia
Band Musikimia berdiri 17 Agustus 2012 dan digawangi Fadly (vokal), Yoyo (drum), Rindra (bass), dan Stephan Santoso (gitar). Stephan sebelumnya tak asing lagi dengan ketiga rekannyalantaran pernah menjadi sound engineer untuk band pendahulu, Padi.

Sebelumnya bersama gitaris Piyu dan Ari, Fadly dan kawan-kawan mengusung band Padi, yang lahir di pengujung era1990-an dan sukses mengeluarkan lima album dengan banyak hit, yang juga diganjar dengan banyak penghargaan di dunia permusikan Tanah Air.

Band ini mengeluarkan single perdana, "Apakah Harus Seperti Ini", dan juga mini album, "Indonesia Adalah…", pada tahun yang sama, tahun 2013.

Setahun sebelumnya, mereka juga mengeluarkan single yang merupakan lagu aransemen ulang ciptaan band legendaris Koes Plus, "Kolam Susu".

Sementara pada 2 Oktober 2015, Musikimia melakukan terobosan dengan membuka pre-order eksklusif album Intersisi di iTunes.

Tayangan pratinjau (preview) album mereka itu juga diunggah di Youtube Sony Music dan diakses oleh lebih dari 1.000 views.

Tanpa banyak basa-basi, vokalis Musikimia, Fadly, memulai penampilan dengan membawakan lagu "Kolam Susu", tembang lawas ciptaan grup musik gaek, Koes Plus.

Tembang kedua yang dilantunkan juga masih kental bertema nasionalisme, "Taman Sari Indonesia".

Setelah lama absen dari kegiatan berkonser di atas panggung, satu dekade di bawah bendera band Padi atau empat tahun sebagai band "titisan"-nya, Musikimia, yang digawangi Fadly, Yoyo, dan Rindra, mereka kembali memenuhi panggilan kerinduan penggemarnya.

Sebuah rangkaian konser tur Rockadventure 2016 akan mereka gelar di 16 kota di Jawa Barat dan Jawa Tengah hingga Yogyakarta.

Sejumlah kelompok band musik cadas berdistorsi juga akan ikut mereka libatkan sebagai pendamping.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com