Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garin Nugroho: Saya dan JOINT Beda dengan Ahok dan Teman Ahok

Kompas.com - 18/04/2016, 17:10 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara Garin Nugroho (54) menegaskan bahwa ia mengikuti Pilkada Yogyakarta 2017 lewat JOINT di Yogyakarta tak bisa disamakan dengan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengikuti Pilkada DKI Jakarta dengan dukungan Teman Ahok.

 "Kasus Ahok sangat beda dengan Yogya. Spiritnya bagus, bisa saling memberi spirit. Tapi, kasus Ahok beda sekali. Ahok lewat partai dulu baru independen," tuturnya kepada Kompas.com dalam wawancara lewat telepon pada Senin (18/4/2016).

Sementara itu, Garin mengikuti konvensi dengan uji kelayakan dan sebagainya yang diadakan oleh Jogja Independent (JOINT). Ia bersaing dengan 30 peserta lain hingga akhirnya ia terpilih.

"Kalau kami, langsung dalam konvensi. Jadi, tidak bisa disamakan. Tapi, spiritnya sama, spirit independen," ujarnya.

"Kalau di tempat lain kan ada satu figur, ya udah dia lah, gitu kan. Nah, kalau kami, betul-betul yang belum pernah ke partai. Kalau Ahok kan pernah ke partai. Dan, kemudian kami melalui prosedur demokratisasi, konvensi," jelasnya.

Ia menambahkan, dalam beberapa hari ke depan dirinya dan bakal calon wakil wali kota Yogyakarta, Rommy Heryanto, akan mulai mengumpulkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk mendapat dukungan dari masyarakat.

"Konvensi baru selesai, mungkin dalam waktu dua tiga hari ini langsung bergerak. Berusaha ya. Kalau saya sih, harus dengan kerja keras ya. Tidak ada ketakutan. Saya santai sekali," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Jogja Independent (JOINT) mendaulat Garin dan Rommy Heryanto menjadi bakal calon (balon) wali kota dan wakil wali kota Yogyakarta untuk maju dalam Pilkada 2017.

Dua balon pemimpin itu diputuskan akan maju secara independen setelah melihat hasil penilaian dari Tim 9 dan masyarakat dalam proses konvensi.

Zaenal Arifin Mochtar, anggota Tim 9, mengatakan bahwa yang dipertimbangkan bukan kuantitatif saja, melainkan juga beberapa aspek kualitatif.

"Dari wilayah panelis, saya tidak usah sebutkan nilainya keputusanya ke Mas Garin Nugroho," ujar Zaenal ketika hadir dalam acara pengumuman hasil Konvensi JOINT di Jogja Expo Center (JEC), Jl Raya Janti, Bantul, Minggu (17/04/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com