Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayushita: Perempuan Memang Terlihat Lemah tetapi Justru Lebih Kuat

Kompas.com - 21/04/2016, 11:03 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran dan penyanyi Ayushita berpendapat perjuangan kaum perempuan di masa kini tidak seberat perjuangan RA Kartini waktu itu.

"Justru sekarang aku ngerasa lebih mudah memperjuangkan apa yang diperjuangkan Ibu Kartini. Banyak yang lebih bersuara," kata Ayu kepada Kompas.com saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, belum lama ini.

"Sejajar, tapi enggak bisa lupakan kodrat sebagai wanita. Itu enggak usah dikhawatirkan, kita akan tetap lakukan tugas wanita," ia menambahkan.

Perempuan kelahiran Jakarta, 9 Juni 1989 ini melihat adanya kekuatan tersembunyi pada diri setiap perempuan.

"Cuman kalau kita bisa suarakan suara wanita, terlihat lemah padahal lebih kuat dari yang terlihat," kata salah satu bintang dalam film Gila Jiwa itu.

Ayu menilai kebebasan mengemukakan pendapat bagi kaum perempuan haruslah dibarengi dengan pemikiran yang baik.

"Dengan menjalankan apa yang sudah diperjuangkan, jadi wanita yang enggak agresif suarakan sesuatu. Kalau perjuangkan sesuatu harus memikirkan, bukan mentang-mentang, semua harus dipikirkan konsepnya jangan sampai merugikan diri sendiri," tuturnya lagi.

Personel BBB ini pun berpesan kepada perempuan Indonesia untuk bisa mandiri dan menentukan apa yang diinginkan.

"Jadilah perempuan yang kuat dan bisa berdiri sendiri karena aku percaya kita dihadirkan di dunia ini kita sendirian. Setelah dewasa kita harus menentukan apa mau kita. Jadi settle sendiri dulu, insyallah bisa build keluarga yang settle juga," tutup Ayu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com