Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fariz RM "Nembang Tresno"

Kompas.com - 28/04/2016, 17:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Fariz Rustam Munaf akan menggelar Konser Akustik "Nembang Tresno" di Bentara Budaya Jakarta, Jalan Palmerah Selatan 17, Kamis (28/4/2016), pukul 19.30.

"Selama 43 tahun bermusik, baru kali ini saya berkonser akustik," katanya.

Judul konser "Nembang Tresno" mengacu pada lagu-lagu Fariz yang bertema cinta, katakanlah seperti "Sakura", "Barcelona", "Nada Kasih", dan sekitar 15 tembang lain.

"Nembang Tresno karena kami menyanyikan cinta," ujar Fariz.

Judul dalam bahasa Jawa tidak berarti semua lagu dibawakan dalam nuansa Jawa. Fariz mengatakan, musiknya dalam konser ini tidak berpijak pada satu kultur tertentu.

"Kami justru ingin sekali bermain dengan nuansa Indonesia, tidak dengan cara dipaksakan, tapi keluar dari hati dari individu masing-masing," tuturnya.

Individu yang dimaksud adalah awak pendukung konser, seperti penyanyi Tiwi Shakuhachi, perkusionis Djalu Pratidina dan Iwan Wiradz, Adi Darmawan pada bas, Edi Syakroni (drum), Eugene Bounty (saksofon), Michael Alexander (gitar), dan Asri Hardjakusumah (biola).

Para musisi bermain tanpa mengandalkan partitur. Mereka, kata Fariz, hanya berpatokan pada lagu, dengan mengandalkan karakter masing-masing.

"Mereka masing-masing pemain yang berkarakter. Respons-respons individu itu yang kami butuhkan," katanya. (XAR)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 28 April 2016, di halaman 32 dengan judul "Nembang Tresno".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com