Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

32 Tahun Grassrock Menembus Zaman

Kompas.com - 04/05/2016, 18:44 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com -- Usia kelompok musik Grassrock telah menginjak 32 tahun pada 4 Mei 2016. Perjalanan panjang bagi grup musik yang berdiri sejak 1984 itu.

Beragam cerita mengarungi perjalanan band asal Surabaya itu. Tak mudah, bagi band ini untuk kembali di industri musik Tanah Air.

Apalagi, setelah kehilangan sang vokalis mendiang Dayan Zmach pada 1999. Posisi vokalis sempat digantikan oleh Hendry (Fungky Kopral), tetapi pada 2009 posisi itu digantikan oleh Hans Sinjal.

Sebelumnya, pemain bas Ersta Satrya Nugraha mengantikan mendiang Yudhi Rumput pada 2008. Yudhi memilih 'istirahat' dari dunia musik. Pada 2014, dia mengembuskan napas terakhir.

Teringat akan pesan Dayan dan Yudhi, dua personel awal, yakni Rere Reza (drum) dan Edi Kemput (gitar), meneruskan perjalanan band tersebut. Namun, sayangnya, pada awal 2016, Mando (keyboard) memilih untuk 'istirahat' dari band tersebut.

Kini, Grassrock digawangi oleh empat personel, yakni Hans Sinjal (vokal), Edi Kemput (gitar), Ersta Satrya Nurgaha (bas) dan Rere Reza (drum).

Grassrock merayakan ulang tahun yang ke-32 di Jalan Remaja No.23A, Perumahan Taman Anggrek, Pancoran, Depok. Perayaan ini dihadiri oleh keluarga besar serta penggemar Grassrock yang disebut Grassnation.

Perayaan ulang tahun ini juga menandakan kembalinya Grassrock di kancah musik Indonesia. Selain itu, album kolaborasi 3 To Rock menjadi awal kembalinya band ini di industri musik Tanah Air.

Album 3 To Rock merupakan kolaborasi tiga band rock, yaitu Grassrock, Boomerang, dan D’bandhits yang baru saja dirilis pada 29 April 2016 di Kemang, Jakarta. Album ini dijual di rumah makan ayam goreng cepat saji di seluruh Indonesia.

Grassrock memuat empat lagu yakni "Aku Ingin Kau", "Matahari Sukma", "Ekstrimis" dan "Bersamamu" yang mendapat aransemen baru.

"Proses pembuatan album terbilang cepat. Kami harus menyelesaikan album ini dalam satu bulan. Untungnya, empat lagu itu sudah kami rekam beberapa bulan lalu. Bahkan, ada yang sudah beberapa tahun lalu," kata Hans lewat surat elektronik, Rabu (4/5/2016).

Grassrock mengedepankan "Kebebasan" yang dicipta mendiang Dayan sebagai single andalan dalam 3 To Rock.

Grassrock, Boomerang dan D’bandhits berkolaborasi dalam single tersebut. Single ini telah diputar di radio-radio Tanah Air.

"Lagu 'Kebebasan' merupakan ciptaan almarhum Dayan. Kami dedikasikan lagu-lagu ini untuk almarhum Yudhi dan Dayan," kata Rere.

Ganti logo

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com