Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andira Kembali dengan "Mengilang"

Kompas.com - 07/05/2016, 14:16 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sebuah klip berdurasi 16 detik diunggah vokalis Andira Utami pada akun berbagi video YouTube miliknya. Klip berlatar belakang hitam itu hanya menampilkan sebuah kata yang bertuliskan menghilang. Apa maksudnya?

"Yang menghilang itu reason project, sengaja dibuat seagai bridging untuk rilis album," kata Andira membuka perbincangan saat berkunjung ke redaksi Kompas.com, Rabu (4/5/2016) sore.

Ya, "Menghilang" adalah single terkini vokalis berdarah Jawa-Manado kelahiran Jakarta, 8 Maret 1995 itu. Setelah dikenal melalui lagu "Enyah" kira-kira tiga tahun lalu, kini Andira kembali dengan "Menghilang".

"Jadi Andira Kembali dengan 'Menghilang'," katanya lalu tertawa renyah.

Wanita yang sedang menyelesaikan studi kedokterannya itu menjelaskan, "Menghilang" merupakan single yang diandalkan dalam album perdana yang akan diluncurkannya pada pertengahan tahun ini.

Proses kreatif "Menghilang" dia kerjakan bersama duo Ilman dan Lale dari kelompok musik MALIQ & D'Essentials, serta Nio "RAN".

"Liriknya mereka bertiga yang menciptakan, karena dari awal sudah bilang pengin lagu cinta yang throw back ke menye-menye (bernuansa sedih)," kata Andira.

"Tapi cinta itu kan banyak cabangnya, akhirnya kami bikin mengerucut ke yang sedih. Lebih spesifik lagi tentang perbedaan. Jadi dirumuskan begitu," imbuhnya.

Sentuhan orkestra dipilih untuk mengemas lagu ini.

"Mereka berkarya dengan warna mereka, tapi aku juga pengin mengedepankan warna aku juga, jadi ada beberapa instrumen yang agak ke mereka, tapi yang mendominasi tetap keinginan aku. Jadi ada string-nya, kan mereka jarang pakai orkestra. Jadi ketemu di tengah," tutur Andira.

Bahkan Lale dan Nino, ikut dilibatnya sebagai pengisi vokal latar single ini.

"Kami isi backing vocal-nya. Pasti kalau disimak bakal terdengar suara Nino yang sengau. Apalagi Lale, dia kan enggak pernah nyanyi, dia take vocal, ternyata suara dia tinggi sekali," ujar Andira sambil tersenyum

Diproduseri oleh Rishanda Singgih, "Menghilang" disepakati untuk menjadi single utama yang dikedepankan untuk menandai kembalinya Andira.

"Awalnya ini dari galau, kira-kira single mana yang mau dipakai buat comeback, soalnya kemarin sempat lama hilang. Untuk comeback kan butuh banyak pertimbangan. Akhirnya sudah pilih lagu A sampai C yang ada di album, akhirnya kami putuskan untuk pakai single yang kerja sama Ilman, Lale, dan Nino," jelas Andira.

Rencananya, "Menghilang" dan sembilan lagu lainnya akan dirilis dalam album perdana Andira.

"Rencananya album mau dirilis bulan (Juni) besok. Tapi karena bertepatan dengan Idul Fitri, paling setelah Lebaran dirilisnya," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com