Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bunga Citra Lestari: Anakku Sensitif, Mamanya "Nyablak"

Kompas.com - 16/05/2016, 11:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Aktris Bunga Citra Lestari (33) atau BCL kembali sibuk ke layar lebar tahun ini dengan sederet filmnya, antara lain My Stupid Boss dan Jilbab Traveler.

Di antara seabrek kegiatan keartisannya, istri artis peran Ashraf Sinclair dan ibu dari Noah Sinclair ini juga sibuk beraktivitas sebagai seorang istri dan ibu.

Masih sempat mencuci baju?
Orang lihat aku sibuk, tapi aku berusaha menjalankan yang sudah jadi kodrat. Misalnya, belanja bulanan, aku pikirin apa saja yang harus dibawa ke rumah.

Itu kenikmatan jadi ibu rumah tangga. Walau banyak helper di rumah, tapi semua harus di-direct, aku yang direct mereka. Tapi, kalau ada momen bisa menyiapkan berdua, suami aku gerek-gerek untuk bantu cuci, sama anak juga ikut.

Smart mommy versi Bunga?
Mama yang punya koneksi dengan anaknya. Aku yakin setiap mama berbeda, anak juga berbeda.

Bagaimana caranya mendapatkan keseimbangan antara mama dan anak. Bagaimana kita mencari jalan tengah. Misalnya, anakku sensitif, tapi mamanya nyablak. Bagaimana caranya kita ketemu itu di tengah.

Kurasa itu semua harus dimulai dari diskusi. Anak dianggap sebagai manusia lain, bukan punya kita, tetapi manusia lain yang punya pendirian berbeda.

Noah (anak BCL) lebih sering dikenalkan ke alam atau diajak ke mal?
Saya berusaha kenalkan banyak ke alam, tapi ada oma, om, sepupunya yang senang juga bawa ke mal. Harus seimbang.

Dikenalkan ke alam itu perlu, tapi kecanggihan teknologi juga perlu dikenalkan untuk pengetahuan dia.

Kalau cuma tahu nature dan enggak tahu teknologi, misalnya enggak bisa main video game, nanti dia panik. Tapi, jangan terlalu dilarang (teknologi), nanti dia pengin.

Rutin mengajak anak liburan?
Kalau bisa inginnya liburan terus, tapi lihat saja ada momennya ajak Noah pergi nonton film, ke pantai, ke gym, daddy ikut lihat olah raga, lari pagi sama-sama.

Harus bisa fleksibel dengan waktu. Dia juga senang main lego, baca buku, game.

Dari kecil sudah diajari baca dan dia tergila-gila lego. Tapi, kalau dikasih kesempatan ke luar, dia suka main bola dan main sepeda.

Kalau aktivitas alam, lebih suka ke mana?
Karena maminya senang pantai, jadi banyak dibawa ke pantai. (Nanien Yuniar/Aditia Maruli)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com