Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Gunakan Pesawat Pribadi, Leonardo DiCaprio Dianggap Munafik

Kompas.com - 22/05/2016, 15:41 WIB

KOMPAS.com — Aktor Leonardo DiCaprio dianggap tidak konsisten dengan kampanyenya tentang lingkungan hidup. Sebab, ia menggunakan pesawat pribadi dari Cannes, Perancis, untuk terbang ke New York, lalu kembali ke Cannes.

Ironisnya, ia pergi ke New York untuk menghadiri sebuah acara lingkungan hidup, Riverkeeeper Fishermen's Ball. Ia juga menerima penghargaan dalam acara tersebut, seperti dilaporkan PageSix, Jumat (20/5/2016).

Situs hiburan milik New York Post itu bahkan menggunakan kata-kata keras untuk artikelnya tentang pemeran Hugh Glass dalam film The Revenant tersebut. "Hypocrite" atau munafik, dijadikan judul berita tersebut.

Ia berada di antara pesohor lainnya di Festival Film Cannes, Perancis. Dia tampak menghadiri pesta di klub Gotha pada Senin (16/5/2016).

Pada hari Rabu ia sudah berada di Chelsea Piers, New York, untuk menerima penghargaan yang diberikan Riverkeeper Fishermen, sebuah kelompok pegiat air bersih. Penghargaan itu diserahkan oleh aktor Robert De Niro.

Setelah 24 jam kemudian, DiCaprio sudah kembali ke Perancis dan memberi sambutan dalam acara Cinema Against AIDS yang digelar amFAR, sebuah yayasan riset untuk AIDS.

Dengan perjalanan bolak-balik Cannes-New York-Cannes itu, DiCaprio sudah meninggalkan jejak karbon sepanjang 8.000 mil.

Yayasan DiCaprio baru menyumbangkan 15 juta dollar AS kepada World Economic Forum untuk digunakan pada proyek-proyek lingkungan hidup.

"Perubahan iklim benar-benar terjadi. Itulah ancaman paling mendesak yang dihadapi umat manusia," kata DiCaprio saat menerima Piala Oscar sebagai Aktor Terbaik pada Februari lalu.

Namun, DiCaprio juga dikenal sering menggunakan pesawat pribadi dan yacht. Seorang analis lingkungan hidup, Robert Rapier, menyebut gaya hidup aktor itu telah "mengecilkan otoritas moralnya untuk menggurui orang lain soal mengurangi emisi karbon".

Namun, sumber yang dekat dengan DiCaprio menjelaskan bahwa aktor itu tidak mencarter sendiri pesawat itu, tetapi menumpang pesawat orang lain yang pergi pulang ke Cannes.

"Menumpang orang lain merupakan satu-satunya cara ia bisa tiba di kedua acara itu tepat waktu," kata sumber yang dikutip media hiburan tersebut.

Beberapa waktu lalu, DiCaprio dan rekannya, aktor Adrien Brody, diam-diam berkunjung ke Taman Nasional Gunung Leuser di Provinsi Aceh.

Melalui akun Instagram-nya, ia mengecam kerusakan hutan di Indonesia yang ditimbulkan oleh meluasnya perkebunan untuk industri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Page Six
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com