Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koleksi Warisan Mendiang Walt Disney Akan Dilelang

Kompas.com - 24/05/2016, 12:07 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Aneka memorabilia milik mendiang animator legendaris Walt Disney akan dilelang pada Juni 2016.

Dari boneka Mickey Mouse yang dibubuhi tanda tangan Walt Disney hingga kursi serta meja miliknya ada dalam koleksi memorabilia yang memperlihatkan secuplik awal mula "mouse house" tersebut.

Lelang bernama Collecting Disneyland itu akan diselenggarakan di Van Eaton Galleries, Sherman Oaks, Los Angeles, California, AS, pada 18 Juni 2016.

Lelang tersebut akan menawarkan lebih dari 700 arsip Disney. Lelang itu diperkirakan akan menghasilkan 2 juta dollar AS hingga 3 juta dollar AS.

Dari barang-barang yang akan dilelang, termasuk koleksi pribadi Disney, ada salah satu boneka Mickey Mouse yang pertama dibikin. Salah satu kaki boneka itu telah ditandatangani oleh Disney.

Boneka tersebut kemudian diberikan sebagai hadiah untuk seorang perempuan.

Boneka itu diperkirakan akan laku 50.000 dollar AS hingga 70.000 dollar AS, kata pemilik galeri tersebut, Mike Van Eaton.

"Boneka itu diberikan oleh Disney kepada seorang perempuan yang bersamanya ketika Disney mengendarai ambulans pada 1917 dalam Perang Dunia I. Sebagai kawan lama, dia memberinya salah satu dari miliknya yang paling berharga dan dia menandatangani bagian bawahnya dalam bahasa Perancis sebagai dedikasi untuk perempuan itu," cerita Van Eaton.

Satu set perabotan dari kantor Disney yang dirancang oleh Kem Weber diperkirakan akan terjual dengan harga 60.000 dollar AS hingga 80.000 dollar AS.

Sementara itu, lembaran musik asli dari lagu pertama Mickey Mouse diperkirakan akan laku antara 15.000 dollar AS hingga 20.000 dollar AS.

Disney menciptakan studio animasi pada 1923 yang tumbuh menjadi studio film dengan kary-karya antara lain Snow White and the Seven Dwarfs, Bambi, dan Cinderella.

Disney meninggal dunia pada 1966 dalam usia 65 tahun, demikian diberitakan oleh Reuters. (Nanien Yuniar/Unggul Tri Ratomo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com