Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Jakarta Inspirasi Pembuatan Film "Bangkit"

Kompas.com - 28/05/2016, 14:46 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Banjir tahunan yang hampir selalu melanda DKI Jakarta rupanya memberi inspirasi bagi sineas Indonesia. Hal itulah yang melatarbelakangi ide dibuatnya film Bangkit.

"Melihat pengalaman SMA aku yang dulu sering banjir dan semua murid libur itu menarik untuk diangkat film. ," kata produser film Bangkit, Reza Hidayat, saat menggelar jumpa pers peluncuran trailer film tersebut di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (27/5/2016).

"Ada genre tersendiri, film jenis ini punya tempat di penontonnya," imbuhnya.

Film Bangkit dibintangi oleh artis peran Vino G Bastian yang berperan sebagai Addri, seorang anggota Tim Sar yang bertugas menyelamatkan warga Jakarta yang tengah menghadapi banjir besar.

"Filmaker awalnya membuat hal yang dekat dari kita. Ketika banjir kan orang pada bantu yang jauh dari rumah, tapi tidak memikirkan deket rumahnya. Bencana kan tergantung dari skala. Lama kelamaan kita yang enggak kena juga akan kena, mungkin kita merasakan ketika melihat di televisi ya," ungkap sutradara film Bangkit, Rako Prijanto.

Masih menurut Rako, meski terinsipirasi dari banjir Jakarta, film Bangkit ini tidak memiliki pesan kritik sosial tertentu.

"Film ini kami tidak memasukan kritik sosial. Kami anggap film peristiwa banget ya, jadi jangan dimasukin kritik sosial. Kami menjaga simbol sosial. Menurut kami enggak sampai tahap situ lah," ucap Rako.

"Justru pesan moralnya lebih ke hubungan keluarga. Gimana kita mementingkan keluarga," imbuhnya.

Selain Vino, film ini juga akan diperankan Putri Ayunda, Acha Septriasa, dan Deva Mahendra. Film ini bergenre disaster atau bencana alam tersebut akan menggunakan efek visual yang didukung teknologi computer graphics interface (CGI).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com