Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fatin Sidqia Lubis Ajak Warga Madura Tanam Pohon

Kompas.com - 01/06/2016, 18:56 WIB
Taufiqurrahman

Penulis

PAMEKASAN, KOMPAS.com -- Penyanyi jebolan X-Factor Indonesia, Fatin Sidqia Lubis, mengajak warga Madura untuk menyelamatkan lingkungan yang sudah rusak parah dengan aksi nyata menamam pohon.

"Ayo selamatkan bumi kita dengan menanam pohon. Selain itu, lingkungan kita agar tidak gersang dan sejuk," kata Fatin di sela-sela ia menyanyikan lagi-lagunya di Pamekasan, Rabu (1/6/2016).

Fatin hadir ke Pamekasan bersama juara satu ajang pencarian bakat Rising Star Indonesia, Indah Nevertari. Mereka terlibat dalam acara penanaman 4.750 bibit pohon trembesi bersama Bupati Pamekasan Achmad Syafii.

Pohon trembesi itu akan ditanam di sepanjang jalan lingkar pulau Madura. Penanaman dimulai di Kabupaten Bangkalan, melewati Kabupaten Sampang hingga ke Kabupaten Sumenep.

Dari Kabupaten Sumenep, penanaman terus berlanjut ke wilayah pulau Madura bagian utara. Total panjang jalan yang akan ditanami trembesi, sepanjang 296 kilometer.

Bupati Pamekasan Achmad Syafii mengatakan, kondisi lingkungan di Indonesia kerusakannya cukup parah.

Di beberapa pulau besar yang menjadi paru-paru Indonesia, kerusakan hutannya sangat memprihatinkan. Akibatnya, pemanasan global hampir merata di seluruh wilayah Indonesia.

"Kita semua harus berbuat untuk menyelamatkan lingkungan ini. Pemerintah saja tidak cukup bekerja sendirian. Maka dibutuhkan peran pihak lain, seperti perusahaan swasta," ungkap Syafii.

Di Pamekasan sendiri, penanaman pohon sudah dilakukan secara serentak. Namun, beberapa waktu kemudian, pohon yang baru ditanam dirusak oleh masyarakat. Bahkan di lingkungan perkotaan, ada yang sengaja dirusak oleh masyarakat.

"Saya juga mengajak agar masyarakat sadar memelihara tanaman yang ada. Masyarakat seharusnya tidak merusak karena tidak ikut menanam," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com