Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sampai Bengong pada Libur Lebaran, Intip Jadwal Ini!

Kompas.com - 02/06/2016, 13:44 WIB
Anne Anggraeni Fathana

Penulis

KOMPAS.comLebaran identik dengan waktu liburan panjang. Pertanyaannya, mau "ngapain" selain silaturahim dengan kerabat atau kolega?

Umumnya anak-anak sekolah sudah memasuki masa libur satu minggu sebelum Hari Raya dan usai sepekan setelahnya. Sementara itu, kebanyakan pegawai kantoran akan meminta izin cuti sekurangnya tiga hari sebelum akhir Ramadhan.

Bagi mereka yang pulang kampung, perjalanan mudik dan kumpul keluarga menjadi agenda utama yang dilakukan pada hari-hari pertama Idul Fitri. Lalu, sisanya memilih menghabiskan waktu luang dengan berwisata atau sekadar jalan-jalan ke mal.

Tapi, tak jarang orang merasa kebingungan mencari kegiatan untuk mengisi libur panjang lebaran, apalagi bagi mereka yang tidak pulang kampung. Bingung?

Jangan khawatir, sebenarnya ada beragam perhelatan dan lokasi yang bisa Anda sambangi selama hari-hari liburan lebaran. Berikut ini beberapa kegiatan yang dapat Anda pilih:

Jakarta Fair

Acara Jakarta Fair diadakan setiap tahun untuk merayakan ulang tahun Ibukota. Perhelatan besar yang akan dimulai pada 10 Juni hingga 17 Juli 2016 di Kemayoran ini dapat menjadi pilihan Anda menghabiskan liburan di Jakarta.

Beragam produk, seperti pakaian dan otomotif, akan dipamerkan dan menunggu untuk Anda hampiri. Tidak hanya itu, pesta ini akan dimeriahkan pula dengan konser dari musisi-musisi papan atas Tanah Air.

Anda juga bisa mengeksplorasi budaya warga asli Jakarta di Kampung Betawi. Ada beragam pertunjukan yang dapat pengunjung nikmati, seperti gambus, atraksi aneka silat betawi, orkes melayu, dan gambang kromong.

Jangan lupa, pengunjung wajib menggoyang lidah dengan kelezatan kerak telor dan soto tangkar di sana. Menu makanan tradisional tersebut tak setiap hari bisa dicicipi dan ditemukan di sekitar Anda.

Festival Jakarta Great Sale (FJGS)

Festival belanja tahunan ini akan diikuti oleh 78 pusat belanja dan mal dan 15 pasar tradisional di bawah naungan PD Pasar Jaya di Jakarta. Anda boleh berbelanja sepuas hati mulai 3 Juni hingga 17 Juli 2016.

FJGS selalu diwarnai diskon besar-besaran yang dapat mencapai 70 persen atau lebih. Namun, jangan lupa untuk membawa tas belanja sendiri karena para penjual sudah menjalankan program tas plastik berbayar tahun ini.

Selain berbelanja, Anda juga dapat melakukan kegiatan amal lewat donor darah massal selama masa festival. Dalam kegiatan ini, panitia menggandeng Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk melakukan penyuluhan kesehatan bagi masyarakat.

Thinkstock Libur Hari Raya Lebaran diramaikan pula dengan penayangan beragam film Hollywood dan Indonesia.

Toys & Kids BIGSALE 2016

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com