Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Prenjak" Menang di Cannes, Ini yang Dilakukan Wregas dengan Hadiahnya

Kompas.com - 03/06/2016, 11:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sutradara muda Wregas Bhanuteja mendapat hadiah sebesar 4.000 euro (Rp 60,7 juta) setelah filmnya, Prenjak, dinobatkan sebagai film pendek terbaik dalam Semaine de la Critique Festival Film Cannes 2016 bulan lalu.

"Pertama, untuk balik modal film ini," kata Wregas soal hadiah uang tersebut, di Jakarta, Kamis (2/6/2016) malam.

Menurut Wregas, pembuatan film Prenjak menghabiskan ongkos sekitar Rp 3 juta untuk biaya sewa alat hingga biaya makan kru.

Awalnya, para pemain film yang merupakan sahabat pria lulusan Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta ini sama sekali tidak mendapat honor.

"Ketika bikin film kayak main saja, 'Yuk, syuting yuk'," kata pria kelahiran 20 Oktober 1992 itu.

Setelah menang, uang yang didapat pun dibagikan kepada pemain dan kru berjumlah 12 orang sebagai bentuk apresiasi atas jerih payah bersama, juga untuk syukuran.

"Yang paling penting, sisa yang cukup banyak ini buat development atau proses pencarian ide, riset film panjang pertama kami," ujar Wregas yang pernah magang di film Sokola Rimba karya Riri Riza dan Mira Lesmana.

Pemutaran film Prenjak di Institut Francais Indonesia (IFI) Jakarta, Kamis (2/6/2016) malam, penuh sesak oleh penonton. Mereka setia menunggu meski sempat ada gangguan teknis yang mengakibatkan penayangan ditunda 90 menit.

Tak hanya memutar Prenjak, film pendek lain karya Wregas sejak 2012 juga ditampilkan, di antaranya Senyawa (2012), Lembu Sura (2014), Lemantun (2014), dan The Floating Chopin (2015).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com